Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai konsep, prinsip, dan strategi dalam desain pembelajaran interaktif untuk Sekolah Dasar (SD). Buku ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang asumsi dasar, definisi, dan model desain pembelajaran yang relevan dalam konteks pembelajaran yang efektif dan inovatif. Pada bab pertama, buku ini menjelaskan asumsi dasar dan definisi desain pembelajaran sebagai dasar pengembangan proses pembelajaran yang terstruktur dan berorientasi pada tujuan pembelajaran. Bab berikutnya membahas konsep model desain pembelajaran, serta berbagai jenis presentasi dan tujuan presentasi dalam konteks pembelajaran. Selanjutnya, buku ini menyajikan konsep TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam pembelajaran, termasuk bagaimana merumuskan tujuan instruksional khusus dan kontroversi dalam penggunaan kata kerja operasional. Bab tentang penilaian menjelaskan pengertian, macam-macam penilaian, tujuan, dan manfaat penilaian dalam proses pembelajaran. Buku ini juga membahas tentang penentuan bahan ajar, media bahan ajar, tujuan bahan ajar, serta peran bahan ajar dalam pembelajaran. Terdapat pula penjelasan tentang strategi pembelajaran, termasuk pengertian, jenis-jenis strategi, dan istilah terkait dalam strategi pembelajaran. Selain itu, buku ini menjelaskan tentang validitas, reliabilitas, dan kepraktisan alat penilaian hasil belajar, serta perbedaan antara tes acuan patokan dan tes acuan norma. Dengan struktur yang terorganisir dan penjelasan yang jelas, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi guru, dosen, dan peserta didik dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang interaktif, efektif, dan berbasis teknologi.
Pendidikan merupakan aset yang paling berharga baik perseorangan maupun masyarakat Itulah sebabnya proses pendidikan diharapkan berjalan secara optimal dan berkualitas Sementara inti dari proses pendidikan ialah proses pembelajaran sehingga dapat dikatakan berhasil dalam meraih fungsi dan tujuan pendidikan tujuan pendidikan ini sangat berkaitan dengan keberhasilan guru dalam menjalankan proses pembelajaran Pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal manakala seperangkat kompetensi sebagai rumusan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai nbsp Dalam ranah ini guru adalah desainer pembelajaran yang berperan langsung dalam merancang proses pembelajaran Rancangan proses pembelajaran meliputi tujuan dan materi pembelajaran pengalaman belajar dan evaluasi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik Agar peran sebagai desainer pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan baik guru harus memahami berbagai model desain pembelajaran Buku ini akan memandu Anda dalam merancang pembelajaran berbasis pencapaian kompetensi dalam mengimplementasikan kurikulum 2013
Jumlah Halaman | 187 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV JEJAK |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-338-542-8 |
eISBN | 978-623-338-543-5 |