Logo Bacabuku
Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013

Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013

Endah Tri Priyatni
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif bagi para pendidik dan calon pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Buku ini bertujuan untuk membantu guru memahami standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), dan kompetensi dasar (KD) yang menjadi dasar dalam penyusunan desain pembelajaran. Dalam buku ini, dibahas secara mendalam tentang konsep, rumusan, dan pembeda dari SKL dan KI pada berbagai jenjang pendidikan, serta bagaimana kedudukan KI dalam struktur kurikulum. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang penyusunan indikator pembelajaran, termasuk jenis-jenis indikator, rumusan yang tepat, dan contoh-contoh indikator untuk kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dibahas pula kesalahan umum dalam penyusunan indikator dan cara mengembangkan indikator yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Buku ini juga memberikan inspirasi dan rekomendasi untuk merancang pembelajaran yang lebih interaktif, menyenangkan, dan mampu memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta berkembang secara kreatif dan mandiri. Dengan memahami konsep-konsep yang disajikan dalam buku ini, para pendidik diharapkan dapat menyusun rancangan pembelajaran yang efektif, sesuai dengan kebutuhan peserta didik, serta mampu melatih kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan keterampilan berkomunikasi dalam berbagai domain. Buku ini menjadi solusi bagi kebingungan para guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era Kurikulum 2013.

Sinopsis ebook

Fakta menunjukkan bahwa banyak pendidik guru dan dosen mata pelajaran Bahasa Indonesia yang masih kebingungan ketika menyusun perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 Faktor penyebabnya sebagai berikut Rumusan Kompetensi Dasar KD mata pelajaran Bahasa Indonesia sulit dipahami karena jenis teks disusun berderet deret dalam satu KD Tiap KD untuk masing masing Kompetensi Inti KI memuat taksonomi berpikir yang belum dikuasai dengan baik oleh setiap pendidik Tiap KD memuat beragam jenis teks yang rata rata pendidik belum memahami pembeda dari tiap tiap jenis teks Para pendidik juga belum memahami cara mengintegrasikan KD domain sikap pengetahuan dan keterampilan secara terpadu dalam penyusunan perangkat pembelajaran Buku yang berjudul Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 ini memberikan solusi terhadap kesulitan pendidik dalam memahami dan mengembangkan perangkat pembelajaran bahasa indonesia dengan acuan Kurikulum 2013

Detail Buku

Jumlah Halaman 278
Kategori Pendidikan
Penerbit Bumi Aksara
Tahun Terbit 2014
ISBN 978-602-217-500-1
eISBN proses
Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013

Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013

Endah Tri Priyatni