Fakta menunjukkan bahwa banyak pendidik guru dan dosen mata pelajaran Bahasa Indonesia yang masih kebingungan ketika menyusun perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 Faktor penyebabnya sebagai berikut Rumusan Kompetensi Dasar KD mata pelajaran Bahasa Indonesia sulit dipahami karena jenis teks disusun berderet deret dalam satu KD Tiap KD untuk masing masing Kompetensi Inti KI memuat taksonomi berpikir yang belum dikuasai dengan baik oleh setiap pendidik Tiap KD memuat beragam jenis teks yang rata rata pendidik belum memahami pembeda dari tiap tiap jenis teks Para pendidik juga belum memahami cara mengintegrasikan KD domain sikap pengetahuan dan keterampilan secara terpadu dalam penyusunan perangkat pembelajaran Buku yang berjudul Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 ini memberikan solusi terhadap kesulitan pendidik dalam memahami dan mengembangkan perangkat pembelajaran bahasa indonesia dengan acuan Kurikulum 2013Fakta menunjukkan bahwa banyak pendidik guru dan dosen mata pelajaran Bahasa Indonesia yang masih kebingungan ketika menyusun perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 Faktor penyebabnya sebagai berikut Rumusan Kompetensi Dasar KD mata pelajaran Bahasa Indonesia sulit dipahami karena jenis teks disusun berderet deret dalam satu KD Tiap KD untuk ...masing masing Kompetensi Inti KI memuat taksonomi berpikir yang belum dikuasai dengan baik oleh setiap pendidik Tiap KD memuat beragam jenis teks yang rata rata pendidik belum memahami pembeda dari tiap tiap jenis teks Para pendidik juga belum memahami cara mengintegrasikan KD domain sikap pengetahuan dan keterampilan secara terpadu dalam penyusunan perangkat pembelajaran Buku yang berjudul Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 ini memberikan solusi terhadap kesulitan pendidik dalam memahami dan mengembangkan perangkat pembelajaran bahasa indonesia dengan acuan Kurikulum 2013