Logo Bacabuku
Desain Laboratorium Skala Mini untuk Pembelajaran Sains Terpadu

Desain Laboratorium Skala Mini untuk Pembelajaran Sains Terpadu

Sri Fatmawati; dkk
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang desain laboratorium skala mini yang dirancang khusus untuk pembelajaran sains terpadu di tingkat sekolah menengah atas (SMA). Buku ini menggabungkan konsep sains, teknologi, keahlian teknik, dan matematika dalam satu platform pembelajaran yang terpadu. Penulis menjelaskan secara rinci bagaimana merancang dan mengimplementasikan praktikum sains terpadu yang efektif dan relevan dengan kebutuhan pendidikan di Indonesia. Selain itu, buku ini juga menyajikan konsep-konsep pembelajaran berbasis teori behaviourisme dan kognitivisme, termasuk prinsip-prinsip, tokoh-tokoh, kelebihan, dan kelemahan masing-masing teori. Penjelasan ini bertujuan untuk memberikan dasar teoritis yang memadai bagi para guru dalam merancang pembelajaran sains yang lebih inovatif dan efektif. Buku ini merupakan hasil karya dari tim penulis yang terdiri dari para akademisi dan praktisi pendidikan dari Pusat Studi Sains – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), sebagai bagian dari tanggung jawab dan komitmen mereka terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi dan sumber inspirasi bagi para guru SMA dalam menyusun desain praktikum yang berbasis sains terpadu, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sains di sekolah-sekolah.

Sinopsis ebook

Buku Desain Laboratorium Skala Mini Untuk Pembelajaran Sains Terpadu Pembelajaran sains sejatinya merupakan pembelajaran terpadu yang berkenaan dengan peristiwa yang terjadi di alam dan sekitarnya Pembelajaran tersebut menekankan bagaimana pembelajar memahami berbagai permasalahan yang terjadi di sekitar berserta solusinya Sebagai contoh pembelajar menyadari adanya masalah pencemaran udara serta bahayanya maka diharapkan pembelajar dapat memikirkan solusi untuk penanggulangan pencemaran tersebut Pembelajar tidak hanya memerlukan teori namun juga aktivitas nyata di laboratorium Oleh karena itu adanya laboratorium sangat signifikan untuk mendukung pembelajaran sains yang terarah dan terpadu Dalam implementasinya berbagai permasalahan yang terkait sains dapat diselesaikan dalam laboratorium Laboratorium adalah tempat dimana seseorang melakukan riset ilmiah pengukuran atau pelatihan ilmiah Kebutuhan sarana laboratorium dari berbagai disiplin ilmu akan menjadi efektif apabila dilakukan secara terintegrasi Salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang terintegrasi adalah STEM Science Technology Engineering and Mathematics STEM memungkinkan pembelajar untuk mempelajari konsep akademik secara tepat dengan menerapkan 4 disiplin ilmu yaitu Sains Teknologi Keahlian Teknik dan Matematika Buku ini disusun sebagai salah satu tanggung jawab dan cinta kami dalam Pusat Studi Sains Institut Teknologi Sepuluh Nopember ITS untuk kemajuan pendidikan Indonesia Kami berharap bahwa buku ini dapat membantu serta menjadi kawah candradimuka untuk para guru sekolah menengah atas SMA di Indonesia dalam mendesain praktikum di sekolah yang berbasis sains terpadu

Detail Buku

Jumlah Halaman 84
Kategori Teknik dan Arsitektur
Penerbit Deepublish
Tahun Terbit 2015
ISBN 978-602-453-103-4
eISBN
Desain Laboratorium Skala Mini untuk Pembelajaran Sains Terpadu

Desain Laboratorium Skala Mini untuk Pembelajaran Sains Terpadu

Sri Fatmawati; dkk