Logo Bacabuku
Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Konsep Ulul Albab dalam Al-Qur'an

Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Konsep Ulul Albab dalam Al-Qur'an

Dr. Aziz Ja'far, S.Th.I., M.Pd.I.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas desain kurikulum pendidikan agama Islam dari perspektif Ulul Albab dalam Al-Qur’an. Penulis, Dr. Aziz Ja’far, S.Th.I., M.Pd.I, menjelaskan bahwa kurikulum pendidikan ibarat dapur dalam rumah makan, tempat di mana racikan menu dibuat untuk menghasilkan cita rasa dan gizi yang memadai. Kurikulum, demikian penulis, menjadi ruh dari proses belajar mengajar yang memastikan keberlangsungan pendidikan secara efektif dan bermakna. Dalam buku ini, penulis juga merefleksikan tantangan dan dinamika dalam pengembangan kurikulum, terutama dalam konteks reformasi pendidikan di Indonesia. Diungkapkan bahwa perubahan kurikulum yang terjadi sejak tahun 1975 tidak selalu berhasil mencapai tujuan karena kurangnya keterlibatan stakeholder dan keseriusan dalam implementasi. Kurikulum 2004, yang dikenal sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dianggap sebagai upaya penting dalam mengarahkan pendidikan berbasis kompetensi, meskipun dalam praktiknya masih menghadapi tantangan dalam adaptasi dan penerapan oleh para pendidik. Selain itu, buku ini juga menyoroti pentingnya peran madrasah dalam merancang kurikulum secara mandiri dan adaptif, dengan melibatkan seluruh warga madrasah, termasuk stakeholder, pendidik, pengawas, dan masyarakat. Pendekatan holistik dan komprehensif dalam merancang kurikulum dianggap sebagai kunci untuk memastikan pendidikan Agama Islam mampu meramalkan masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik. Buku ini menjadi referensi penting bagi para pendidik, pengambil kebijakan, dan akademisi yang ingin memahami konsep dan implementasi kurikulum pendidikan agama Islam secara mendalam, sekaligus mendalami prinsip-prinsip Ulul Albab dalam Al-Qur’an sebagai dasar pemikiran dalam pengembangan pendidikan.

Sinopsis ebook

Upaya upaya terhadap perbaikan kurikulum ini ditandai dengan peningkatan proses dan pengembangan Kurikulum 2004 Rancangan Kurikulum 2004 ini disebut sebagai salah satu upaya pendidikan untuk menerapkan pendekatan dan berbasis kompetensi dan diber lakukan pada 2006 di sebagian lembaga pendidikan di Indonesia Dan pada waktu yang sama akhirnya Kurikulum 2004 diterapkan di semua lembaga pendidikan dengan nama Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP

Detail Buku

Jumlah Halaman 202
Kategori Pendidikan
Penerbit Literasi Nusantara Abadi
Tahun Terbit 2021
ISBN 978-623-3290-87-6
eISBN proses
Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Konsep Ulul Albab dalam Al-Qur'an

Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Konsep Ulul Albab dalam Al-Qur'an

Dr. Aziz Ja'far, S.Th.I., M.Pd.I.