Sinopsis Buku: Buku *Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21* ini merupakan panduan lengkap dan praktis dalam memahami konsep, prinsip, dan model pengembangan kurikulum serta pembelajaran di era modern. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa LPTK/FITK, calon guru, dan praktisi pendidikan yang ingin mengembangkan kemampuan profesional dalam merancang dan menerapkan kurikulum yang relevan dengan tuntutan abad ke-21. Buku ini membahas berbagai aspek kunci dalam pengembangan kurikulum, seperti konsep kurikulum, hakikat dan fungsi kurikulum, serta bentuk dan orientasi kurikulum. Selain itu, buku ini juga menjelaskan langkah-langkah pengembangan kurikulum, yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Dalam bab khusus, buku ini menjelaskan landasan filosofis, psikologis, sosiologis, dan IPTEK yang menjadi dasar pengembangan kurikulum yang efektif dan berkelanjutan. Buku ini juga membahas prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, serta berbagai model pengembangan kurikulum seperti model subjek akademik, sebagai upaya untuk memastikan kurikulum yang dihasilkan mampu memenuhi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian. Dengan bahasa yang jelas dan sederhana, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pembaca yang ingin memperdalam pemahaman tentang kurikulum dan pembelajaran di era digital dan abad ke-21.
Guru dan kurikulum merupakan elemen kunci dalam pelaksanaan pendidikan Begitu pentingnya peran guru dan kurikulum dalam mentransformasikan input pendidikan tidak ada perubahan dan peningkatan kualitas tanpa adanya perubahan peningkatan kualitas guru dan proses pengembangan kurikulum Indonesia sendiri beberapa kali mengalami perubahan sebut saja Kurikulum 1975 Kurikulum 1984 Kurikulum 1994 Kurikulum 2004 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 Kurikulum 2013 dan Kurikulum prototipe 2022 Istilah kurikulum sendiri menjadi topik menarik dan hangat untuk diperbincangkan karena keberadaannya terus mengalami adaptasi seiring tuntutan zaman Abad teknologi informasi dengan berbagai kecanggihan teknologi digital menuntut banyak perubahan pola pembelajaran yang dilakukan pelaku pendidikan Desain kurikulum dari aspek perencanaan proses dan evaluasi pembelajaran harus disiapkan dengan mempertimbangkan aspek perkembangan yang terjadi Buku Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21 yang ada di hadapan para pembica berupaya menawarkan solusi tentang konsep kurikulum dan pembelajaran dari berbagai sudut pandang secara teori historis kebijakan terkini maupun isu kurikulum dan pembelajaran yang diimplematasikan
Jumlah Halaman | 281 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-384-142-9 |
eISBN | 978-623-384-143-6 |