Logo Bacabuku
Desain Instruksional di Jenjang SD (Teori dan Praktik)

Desain Instruksional di Jenjang SD (Teori dan Praktik)

Ina Magdalena dan 3C PGSD
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku *Desain Instruksional di Jenjang SD (Teori dan Praktik)* adalah panduan komprehensif yang dirancang untuk memenuhi tugas mata kuliah *Desain Pembelajaran SD*. Buku ini membahas konsep-konsep teori dan praktek dalam merancang pembelajaran yang efektif dan relevan untuk jenjang Sekolah Dasar. Isi buku mencakup berbagai aspek penting dalam desain instruksional, seperti asumsi dasar, definisi kegiatan instruksional, prinsip-prinsip instruksional, serta sistem dan desain instruksional. Selanjutnya, buku ini juga menjelaskan tentang identifikasi perilaku awal peserta didik, perumusan tujuan instruksional khusus, dan penggunaan kata kerja operasional dalam penyusunan tujuan belajar. Bagian ini dilengkapi dengan penjelasan mengenai hubungan antara tujuan instruksional khusus dengan isi pembelajaran. Selain itu, buku ini menyajikan pembahasan mengenai penyusunan alat penilaian hasil belajar, termasuk perbedaan antara tes acuan norma dan tes acuan patokan, serta prinsip validitas, reliabilitas, dan kepraktisan dalam penilaian. Buku ini juga membahas pengembangan bahan instruksional, peran guru dalam proses pembelajaran, dan implementasi serta evaluasi sumatif. Buku ini sangat bermanfaat bagi para calon dan calon guru, peneliti, serta semua pihak yang tertarik dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik. Dengan pendekatan yang terstruktur dan praktis, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan untuk mendukung pengembangan kualitas pembelajaran di jenjang SD.

Sinopsis ebook

p Dalam buku ini diuraikan suatu proses sistematik dalam pembangunan sistem pembelajaran em instructional systems em yang kreatif efektif efisien Dengan proses yang seperti itu dosen guru widyaiswara dan pelatih yang selanjutnya disebut mengajar atau tenaga yang bekerja khusus sebagai pendesain pembelajaran em instructional designer em akan mampu menghasilkan sistem secara kreatif dan inovatif Sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan em setting em pembelajaran di tempat kerja masing masing p p Isi buku ini terdiri dari dua belas bab Kedua belas bab tersebut dimulai dari asumsi dasar dan definisi desain pembelajaran SD model model desain instruksional identifikasi kebutuhan pembelajaran tujuan instruksional umum mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik tujuan instruksional khusus menyusun alat penilaian hasil belajar Menyusun alat penilaian hasil belajar mengembangkan bahan instruksional Menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif dan difusi inovatif p

Detail Buku

Jumlah Halaman 178
Kategori Pendidikan
Penerbit CV JEJAK
Tahun Terbit 2021
ISBN 978-623-247-816-9
eISBN 978-623-247-817-6
Desain Instruksional di Jenjang SD (Teori dan Praktik)

Desain Instruksional di Jenjang SD (Teori dan Praktik)

Ina Magdalena dan 3C PGSD