p Dalam buku ini diuraikan suatu proses sistematik dalam pembangunan sistem pembelajaran em instructional systems em yang kreatif efektif efisien Dengan proses yang seperti itu dosen guru widyaiswara dan pelatih yang selanjutnya disebut mengajar atau tenaga yang bekerja khusus sebagai pendesain pembelajaran em instructional designer em akan mampu menghasilkan sistem secara kreatif dan inovatif Sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan em setting em pembelajaran di tempat kerja masing masing p p Isi buku ini terdiri dari dua belas bab Kedua belas bab tersebut dimulai dari asumsi dasar dan definisi desain pembelajaran SD model model desain instruksional identifikasi kebutuhan pembelajaran tujuan instruksional umum mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik tujuan instruksional khusus menyusun alat penilaian hasil belajar Menyusun alat penilaian hasil belajar mengembangkan bahan instruksional Menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif dan difusi inovatif p p Dalam buku ini diuraikan suatu proses sistematik dalam pembangunan sistem pembelajaran em instructional systems em yang kreatif efektif efisien Dengan proses yang seperti itu dosen guru widyaiswara dan pelatih yang selanjutnya disebut mengajar atau tenaga yang bekerja khusus sebagai pendesain pembelajaran em instructional designer em akan mampu menghasilkan sistem ...secara kreatif dan inovatif Sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan em setting em pembelajaran di tempat kerja masing masing p p Isi buku ini terdiri dari dua belas bab Kedua belas bab tersebut dimulai dari asumsi dasar dan definisi desain pembelajaran SD model model desain instruksional identifikasi kebutuhan pembelajaran tujuan instruksional umum mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik tujuan instruksional khusus menyusun alat penilaian hasil belajar Menyusun alat penilaian hasil belajar mengembangkan bahan instruksional Menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif dan difusi inovatif p