Sinopsis Buku: Buku *Desain Evaluasi Pembelajaran SD* merupakan karya yang mengupas secara mendalam tentang konsep dasar, penyusunan, pengembangan, serta analisis instrumen evaluasi dalam konteks pembelajaran di Sekolah Dasar (SD). Buku ini dirancang sebagai panduan praktis bagi para calon guru dan pendidik yang ingin memahami cara merancang instrumen evaluasi yang valid, reliabel, dan sesuai dengan standar pembelajaran di SD. Buku ini terdiri dari beberapa bab utama, di antaranya meliputi konsep dasar evaluasi pembelajaran, hakikat dan fungsi instrumen nontes, penyusunan serta pengembangan instrumen nontes, validitas dan reliabilitas instrumen nontes, analisis butir soal instrumen tes, serta penilaian berbasis kelas dan portofolio. Selain itu, buku ini juga membahas teknik analisis butir soal, parameter item tes yang baik, serta manfaat dari kegiatan menganalisis butir soal. Buku ini juga menyajikan cara memberi skor untuk domain psikomotor dan pengolahan data hasil tes. Selain itu, buku ini juga menjelaskan hakikat keterampilan matematika, hakikat matematika, serta perkembangan berpikir siswa SD. Buku ini terutama ditujukan untuk mendukung praktik baik pembelajaran dan budaya literasi di masa pandemi, serta memberikan wawasan yang komprehensif tentang desain evaluasi pembelajaran SD yang efektif dan berkelanjutan. Dengan struktur yang terorganisir dan penjelasan yang jelas, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi pendidik, calon guru, serta semua pihak yang tertarik dalam pengembangan dan penerapan evaluasi pembelajaran di tingkat SD.
Evaluasi Pembelajaran SD merupakan suatu proses menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran di Sekolah Dasar yang telah ditentukan sebelumnya melalui cara yang sistematis Evaluasi pembelajaran SD bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan perkembangan dan pencapaian belajar peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar serta keefektifan pendidik dalam mengajar Pengukuran dan penilaian menjadi kegiatan utama dalam evaluasi pembelajaran SD Buku ini adalah pedoman bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam mata kuliah Evaluasi Pembelajaran SD serta memberikan petunjuk praktis agar mendapatkan gambaran secara jelas dalam pemahaman mengevaluasi pembelajaran Buku Evaluasi Pembelajaran SD ini dapat dijadikan sebagai buku pedoman bagi para calon guru SD Selain itu buku ini diharapkan juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya
Jumlah Halaman | 142 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV JEJAK |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-338-093-5 |
eISBN | 978-623-338-094-2 |