Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep kecerdasan secara mendalam, dengan fokus pada berbagai teori kecerdasan yang telah dikembangkan oleh para ahli. Dalam buku ini, dibahas bahwa kecerdasan tidak dapat didefinisikan secara tunggal, karena banyak faktor yang memengaruhi pengertian kecerdasan, seperti pengalaman hidup, latar belakang pendidikan, kebudayaan, dan lainnya. Para ahli sepakat bahwa kecerdasan melibatkan dua aspek utama: kapasitas untuk belajar dari pengalaman dan kemampuan beradaptasi. Buku ini juga menyajikan beberapa teori kecerdasan yang populer, seperti Kecerdasan Umum (G), Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligence), Kecerdasan Tri Tunggal, Kecerdasan Moral, Kecerdasan yang Dapat Dipelajari, Kecerdasan Perilaku, dan lainnya. Setiap teori dijelaskan secara rinci, termasuk latar belakang, pengertian, bentuk-bentuknya, serta penerapan dalam dunia pendidikan. Selain itu, buku ini juga mengkritik penggunaan tes IQ secara berlebihan dan memperkenalkan pendekatan yang lebih holistik dalam menilai kecerdasan seseorang. Penulis menekankan pentingnya memahami kecerdasan anak didik dalam konteks kehidupan sehari-hari dan memanfaatkan teori-teori kecerdasan untuk meningkatkan prestasi belajar serta pengembangan potensi diri. Buku ini ditujukan bagi para pendidik, guru, dan calon pendidik yang ingin memahami berbagai bentuk kecerdasan manusia dan bagaimana teori-teori tersebut dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Dengan memahami konsep kecerdasan yang lebih luas, para pendidik diharapkan mampu merancang pendekatan pembelajaran yang lebih inklusif dan efektif.
Teori Multiple Intelligence yang dicetuskan oleh Howard Gardner pada tahun 1983 bergema sangat kuat di kalangan pendidik karena menawarkan model untuk bertindak sesuai dengan yang diyakini oleh para pendidik yaitu bahwa semua anak memiliki kelebihan dan
Jumlah Halaman | 27 |
---|---|
Kategori | Psikologi |
Penerbit | Aneka Ilmu |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | - |
eISBN | 978-979-070-788-7 |