New normal akibat pandemi Covid 19 merupakan momentum tepat untuk membangkitkan UMKM Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Serang Banten dengan menggali potensi kolaborasi daya dukung peran penta helix pemerintah akademisi pebisnis masyarakat dan media sosial diharapkan mampu menguatkan kinerja pemasaran UMKM Implementasi peran penta helix antara lain pemerintah melalui kapasitas wewenangnya dengan mendorong berbagai kebijakan yang berpihak kepada UMKM akademisi melalui kewajiban Tri Dharma nya dengan memberikan literasi edukasi dan pendampingan manajemen dan keilmuannya dalam pengelolaan sumber daya seperti sumber daya manusia sebagai pelaku UMKM dan sumber daya modal dana peran pebisnis melalui referensi produk yang disukai pasar dan berperan untuk menyediakan modal pembiayaan dalam bentuk investasi produktif dan masyarakat konsumen yang semakin kritis menuntut kinerja pemasarannya media sosial Facebook Instagram Twitter dll sebagai information agent merupakan penyebar informasi yang efektif dalam kondisi pandemi seperti saat ini yang mengharuskan para pihak mengurangi kontak langsung menjadi sangat penting perannya untuk bertransaksi tanpa kontak langsung dengan pelanggan Mengurai permasalahan UMKM yang ada dapat dilakukan dengan implementasi peningkatan peran kolaborasi masing masing aktor penta helix secara nyata yang dapat dibuktikan dalam penelitian ini Hasil statistik menyatakan bahwa penta helix dengan indikator variabel yang digunakan antara lain 1 Peran akademisi dapat memberikan literasi edukasi dan pendampingan tentang strategi pemasaran terkini sesuai dengan kaidah pemasaran yang berlaku Namun karena masih minim kegiatan tersebut dilaksanakan oleh universitas Oleh karena itu perlu adanya kesadaran bagi akademisi untuk meningkatkan perannya dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi Pemanfaatan media sosial Facebook Instagram Twitter dll pada masa pandemi Covid 19 ini tetap memungkinkan transaksi tanpa kontak langsung 2 Peran pemerintah perlu ditingkatkan melalui berbagai kebijakan yang diharapkan dapat menjangkau seluruh pelaku UMKM di wilayah Serang Banten serta peningkatan peran media sosial dalam menunjang kinerja manajemen perlu diperhatikan 3 Keberadaan pebisnis dan komunitas sangat penting dalam meningkatkan kinerja manajemen Oleh karena itu perlu untuk memperluas jaringan dengan komunitas pebisnis maupun di luar komunitas dalam bisnis sebagai upaya UMKM agar tetap mampu bersaing di industrinya New normal akibat pandemi Covid 19 merupakan momentum tepat untuk membangkitkan UMKM Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Serang Banten dengan menggali potensi kolaborasi daya dukung peran penta helix pemerintah akademisi pebisnis masyarakat dan media sosial diharapkan mampu menguatkan kinerja pemasaran UMKM Implementasi peran penta helix antara lain pemerintah melalui kapasitas ...wewenangnya dengan mendorong berbagai kebijakan yang berpihak kepada UMKM akademisi melalui kewajiban Tri Dharma nya dengan memberikan literasi edukasi dan pendampingan manajemen dan keilmuannya dalam pengelolaan sumber daya seperti sumber daya manusia sebagai pelaku UMKM dan sumber daya modal dana peran pebisnis melalui referensi produk yang disukai pasar dan berperan untuk menyediakan modal pembiayaan dalam bentuk investasi produktif dan masyarakat konsumen yang semakin kritis menuntut kinerja pemasarannya media sosial Facebook Instagram Twitter dll sebagai information agent merupakan penyebar informasi yang efektif dalam kondisi pandemi seperti saat ini yang mengharuskan para pihak mengurangi kontak langsung menjadi sangat penting perannya untuk bertransaksi tanpa kontak langsung dengan pelanggan Mengurai permasalahan UMKM yang ada dapat dilakukan dengan implementasi peningkatan peran kolaborasi masing masing aktor penta helix secara nyata yang dapat dibuktikan dalam penelitian ini Hasil statistik menyatakan bahwa penta helix dengan indikator variabel yang digunakan antara lain 1 Peran akademisi dapat memberikan literasi edukasi dan pendampingan tentang strategi pemasaran terkini sesuai dengan kaidah pemasaran yang berlaku Namun karena masih minim kegiatan tersebut dilaksanakan oleh universitas Oleh karena itu perlu adanya kesadaran bagi akademisi untuk meningkatkan perannya dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi Pemanfaatan media sosial Facebook Instagram Twitter dll pada masa pandemi Covid 19 ini tetap memungkinkan transaksi tanpa kontak langsung 2 Peran pemerintah perlu ditingkatkan melalui berbagai kebijakan yang diharapkan dapat menjangkau seluruh pelaku UMKM di wilayah Serang Banten serta peningkatan peran media sosial dalam menunjang kinerja manajemen perlu diperhatikan 3 Keberadaan pebisnis dan komunitas sangat penting dalam meningkatkan kinerja manajemen Oleh karena itu perlu untuk memperluas jaringan dengan komunitas pebisnis maupun di luar komunitas dalam bisnis sebagai upaya UMKM agar tetap mampu bersaing di industrinya