Buku ini terdiri dari beberapa bab Bab pertama berisi pendahuluan bab dua membahas tentang pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia bab tiga tentang landasan pengembangan kurikulum bab empat tentang otonomi kurikulum sekolah bab lima tentang macam macam konsep dan jenis kurikulum bab enam tentang kondisi ideal sekolah bab tujuh tentang pengembangan dan model pembelajaran kurikulum 2013 dan bab delapan tentang mengukur keberhasilan pengembangan kurikulum Dalam rangka penyelarasan kebutuhan sumber daya manusia Indonesia yang bermutu dan produktif sesuai dengan standar kompetensi kerja baik nasional maupun internasional dengan capaian pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang dihasilkan oleh sistem pendidikan formal informal nonformal pelatihan maupun pengalaman kerja yang diakui dengan sistem pengakuan pembelajaran lampau maupun kemampuan saat ini Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Dalam KKNI berisi dua deskripsi yaitu deskripsi umum dan deskripsi spesifik Deskripsi umum mendeskripsikan karakter kepribadiaan sikap dalam berkarya etika moral dari setiap manusia dan berlaku pada setiap jenjang Sedangkan deskripsi spesifik mendeskripsikan cakupan keilmuan pengetahuan pemahaman dan keterampilan yang dikuasai seseorang bergantung pada jenjangnya Pengertian perubahan adalah a pergantian keadaan dari yang lama kepada yang baru Perubahan ialah perbedaan keadaan dari fase tertentu menuju fase yang lain Tidak semua perubahan itu baik namun menuju hal yang lebih baik mesti harus ada perubahan b Perubahan ialah mentransformasikan beberapa elemen penting dalam organisasi sehingga merubah cara berfikir orang merubah prosedur organisasi bergantinya alat alat dan segala macam hal yang tujuannya untuk merubah hasil kerja Berdasarkan kedua pengertian perubahan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa perubahan adalah perbedaan bentuk dari semula menjadi bentuk lain yang memiliki nilai lebih dari yang semulaBuku ini terdiri dari beberapa bab Bab pertama berisi pendahuluan bab dua membahas tentang pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia bab tiga tentang landasan pengembangan kurikulum bab empat tentang otonomi kurikulum sekolah bab lima tentang macam macam konsep dan jenis kurikulum bab enam tentang kondisi ideal sekolah bab tujuh tentang pengembangan dan ...model pembelajaran kurikulum 2013 dan bab delapan tentang mengukur keberhasilan pengembangan kurikulum Dalam rangka penyelarasan kebutuhan sumber daya manusia Indonesia yang bermutu dan produktif sesuai dengan standar kompetensi kerja baik nasional maupun internasional dengan capaian pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang dihasilkan oleh sistem pendidikan formal informal nonformal pelatihan maupun pengalaman kerja yang diakui dengan sistem pengakuan pembelajaran lampau maupun kemampuan saat ini Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Dalam KKNI berisi dua deskripsi yaitu deskripsi umum dan deskripsi spesifik Deskripsi umum mendeskripsikan karakter kepribadiaan sikap dalam berkarya etika moral dari setiap manusia dan berlaku pada setiap jenjang Sedangkan deskripsi spesifik mendeskripsikan cakupan keilmuan pengetahuan pemahaman dan keterampilan yang dikuasai seseorang bergantung pada jenjangnya Pengertian perubahan adalah a pergantian keadaan dari yang lama kepada yang baru Perubahan ialah perbedaan keadaan dari fase tertentu menuju fase yang lain Tidak semua perubahan itu baik namun menuju hal yang lebih baik mesti harus ada perubahan b Perubahan ialah mentransformasikan beberapa elemen penting dalam organisasi sehingga merubah cara berfikir orang merubah prosedur organisasi bergantinya alat alat dan segala macam hal yang tujuannya untuk merubah hasil kerja Berdasarkan kedua pengertian perubahan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa perubahan adalah perbedaan bentuk dari semula menjadi bentuk lain yang memiliki nilai lebih dari yang semula