Pengembangan kurikulum bersifat menyeluruh komprehensif yang mencakup suatu perencanaan penerapan dan hasil akhir atau evaluasi Perencanaan kurikulum adalah langkah awal untuk pelaku kurikulum untuk mencapai perencanaan yang akan diterapkan oleh guru dan peserta didik Hasil akhir yang diperoleh dari perencanaan kurikulum adalah evaluasi kurikulum yang tujuannya untuk melihat sejauh mana perencanaan yang diterapkan oleh guru sebagai pengajar dan peserta didik yang memiliki tujuan untuk lebih baik dengan peringkat peringkat program yang telah dilaksanakan Dalam pengembangan kurikulum orang orang yang terlibat bukan hanya yang terkait langsung dengan dunia pendidikan tetapi ada orang orang dari luar pendidikan dan juga masyarakat yang peduli pendidikan Realita dalam masyarakat yang meliputi keberagaman sosial aspirasi politik keadaan ekonomi merupakan faktor penting dalam pengembangan kurikulum Tetapi realita keberagaman tersebut tidak digunakan sebagai landasan untuk guru dalam mengembangkan kurikulum Padahal keberagaman ini memberikan pengaruh kepada guru dalam mengembangkan kurikulum lembaga pendidikan untuk melayani pengalaman pengajaran dan kemampuan peserta didik dalam proses belajar untuk dapat mengolah informasi sebagai hasil belajar Pengembangan kurikulum bersifat menyeluruh komprehensif yang mencakup suatu perencanaan penerapan dan hasil akhir atau evaluasi Perencanaan kurikulum adalah langkah awal untuk pelaku kurikulum untuk mencapai perencanaan yang akan diterapkan oleh guru dan peserta didik Hasil akhir yang diperoleh dari perencanaan kurikulum adalah evaluasi kurikulum yang tujuannya untuk melihat sejauh mana perencanaan ...yang diterapkan oleh guru sebagai pengajar dan peserta didik yang memiliki tujuan untuk lebih baik dengan peringkat peringkat program yang telah dilaksanakan Dalam pengembangan kurikulum orang orang yang terlibat bukan hanya yang terkait langsung dengan dunia pendidikan tetapi ada orang orang dari luar pendidikan dan juga masyarakat yang peduli pendidikan Realita dalam masyarakat yang meliputi keberagaman sosial aspirasi politik keadaan ekonomi merupakan faktor penting dalam pengembangan kurikulum Tetapi realita keberagaman tersebut tidak digunakan sebagai landasan untuk guru dalam mengembangkan kurikulum Padahal keberagaman ini memberikan pengaruh kepada guru dalam mengembangkan kurikulum lembaga pendidikan untuk melayani pengalaman pengajaran dan kemampuan peserta didik dalam proses belajar untuk dapat mengolah informasi sebagai hasil belajar