Sinopsis Buku: Buku *DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH DASAR* adalah sebuah karya yang dirancang sebagai bahan referensi akademik untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Buku ini merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan mata kuliah *Pengembangan Kurikulum*. Buku ini berisi analisis terhadap isi buku yang direview, serta mencakup kekurangan dan kelebihan dari buku tersebut sebagai sumber utama, opini, ulasan ringkasan, atau bahan kajian ilmiah. Isi buku terdiri dari berbagai bab yang membahas berbagai aspek penting dalam pengembangan kurikulum sekolah dasar. Bab-bab yang terdapat dalam buku meliputi: karakteristik sekolah yang efektif, usaha peningkatan mutu sekolah, tanggung jawab kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik, serta pengembangan profesional dan manajemen perubahan. Selain itu, buku juga membahas perjalanan kurikulum nasional di Indonesia, perkembangan kurikulum pendidikan, dan telaah kurikulum pendidikan dasar, menengah pertama, serta menengah atas. Buku ini juga menyajikan konsep kurikulum, pengertian kurikulum, landasan konseptual kurikulum, dan komponen kurikulum. Dengan struktur yang terorganisir dan penjelasan yang jelas, buku ini menjadi sumber yang sangat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin memahami dan mengembangkan kurikulum sekolah dasar secara mendalam. Buku ini juga memberikan pandangan yang komprehensif tentang peran berbagai pihak dalam pengembangan kurikulum, serta memberikan gambaran tentang perkembangan kurikulum di Indonesia sepanjang waktu.
Pengembangan kurikulum bersifat menyeluruh komprehensif yang mencakup suatu perencanaan penerapan dan hasil akhir atau evaluasi Perencanaan kurikulum adalah langkah awal untuk pelaku kurikulum untuk mencapai perencanaan yang akan diterapkan oleh guru dan peserta didik Hasil akhir yang diperoleh dari perencanaan kurikulum adalah evaluasi kurikulum yang tujuannya untuk melihat sejauh mana perencanaan yang diterapkan oleh guru sebagai pengajar dan peserta didik yang memiliki tujuan untuk lebih baik dengan peringkat peringkat program yang telah dilaksanakan Dalam pengembangan kurikulum orang orang yang terlibat bukan hanya yang terkait langsung dengan dunia pendidikan tetapi ada orang orang dari luar pendidikan dan juga masyarakat yang peduli pendidikan Realita dalam masyarakat yang meliputi keberagaman sosial aspirasi politik keadaan ekonomi merupakan faktor penting dalam pengembangan kurikulum Tetapi realita keberagaman tersebut tidak digunakan sebagai landasan untuk guru dalam mengembangkan kurikulum Padahal keberagaman ini memberikan pengaruh kepada guru dalam mengembangkan kurikulum lembaga pendidikan untuk melayani pengalaman pengajaran dan kemampuan peserta didik dalam proses belajar untuk dapat mengolah informasi sebagai hasil belajar
Jumlah Halaman | 832 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV JEJAK |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-338-737-8 |
eISBN | 978-623-338-738-5 |