Penelitian Desain merupakan suatu model penelitian yang tumbuh dan berkembang secara natural di dunia pendidikan khususnya di Pendidikan Matematika Realistik Penelitian desain berkembang dari kebutuhan desainer materi pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana desainnya dapat berjalan baik atau tidak Di samping Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Evaluasi yang juga berasal dari dunia pendidikan Model Penelitian Desain ini sangat cocok digunakan dalam penelitian pengembangan di dunia pendidikan Masih belum banyak buku dalam bahasa Indonesia yang memberikan gambaran dan panduan yang cukup lengkap tentang model penelitian desain ini di Indonesia Saat ini banyak model maupun metode penelitian yang datangnya bukan berasal dari praktik praktik pendidikan Penelitian eksperimen yang datang dari kalangan sains atau pertanian juga kadang dirasa kurang tepat kalau diterapkan begitu saja di dunia pendidikan Penelitian Rancangan dan Pengembangan yang datang dari kalangan insinyur dalam mendesain dan mencipta produk juga kurang tepat jika diterapkan begitu saja di penelitian pendidikan Penelitian desain yang datangnya berasal dari dunia penelitian di bidang pendidikan dirasakan cocok dalam memberikan model penelitian di bidang pendidikan Hal ini karena model ini lahir secara lebih alamiah dari praktik praktik pendidikan di sekolah maupun di lapangan Untuk itu kami mencoba menyediakan buku dengan topik penelitian desain dalam pendidikan yang diharapkan juga dapat digunakan untuk siapa saja yang meneliti di bidang pendidikan Buku ini disajikan dalam beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut Bab 1 membahas tentang latar belakang munculnya penelitian desain Di sini dibahas bagaimana metode penelitian yang bukan berasal dari penelitian pada masalah pendidikan dipandang kurang sesuai Bab 2 membahas tentang pengertian karakteristik dan prinsip prinsip penelitian desain Di sini dibahas halhal yang menjadi dasar pemikiran dan praktik penelitian desain Bab 3 membahas tentang bagaimana langkah langkah dalam pelaksanaan penelitian desain dalam pengembangan kurikulum Kurikulum dapat dipandang sebagai kajian terstruktur yang lebih luas dari pada materi pembelajaran Bab 4 membahas penelitian desain yang diterapkan dalam pengembangan desain pembelajaran Bab 5 membahas tentang bagaimana mengevaluasi hasil dan data data dalam penelitian desain Sementara bagaimana penelitian desain dilaksanakan agar memberikan dampak yang lebih luas dibahas di Bab 6 Akhirnya sebagai penutup akan diberikan beberapa catatan catatan untuk pelaksanaan dan pengembangan selanjutnya yang diberikan di Bab 7 Penelitian Desain merupakan suatu model penelitian yang tumbuh dan berkembang secara natural di dunia pendidikan khususnya di Pendidikan Matematika Realistik Penelitian desain berkembang dari kebutuhan desainer materi pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana desainnya dapat berjalan baik atau tidak Di samping Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Evaluasi yang juga berasal dari dunia ...pendidikan Model Penelitian Desain ini sangat cocok digunakan dalam penelitian pengembangan di dunia pendidikan Masih belum banyak buku dalam bahasa Indonesia yang memberikan gambaran dan panduan yang cukup lengkap tentang model penelitian desain ini di Indonesia Saat ini banyak model maupun metode penelitian yang datangnya bukan berasal dari praktik praktik pendidikan Penelitian eksperimen yang datang dari kalangan sains atau pertanian juga kadang dirasa kurang tepat kalau diterapkan begitu saja di dunia pendidikan Penelitian Rancangan dan Pengembangan yang datang dari kalangan insinyur dalam mendesain dan mencipta produk juga kurang tepat jika diterapkan begitu saja di penelitian pendidikan Penelitian desain yang datangnya berasal dari dunia penelitian di bidang pendidikan dirasakan cocok dalam memberikan model penelitian di bidang pendidikan Hal ini karena model ini lahir secara lebih alamiah dari praktik praktik pendidikan di sekolah maupun di lapangan Untuk itu kami mencoba menyediakan buku dengan topik penelitian desain dalam pendidikan yang diharapkan juga dapat digunakan untuk siapa saja yang meneliti di bidang pendidikan Buku ini disajikan dalam beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut Bab 1 membahas tentang latar belakang munculnya penelitian desain Di sini dibahas bagaimana metode penelitian yang bukan berasal dari penelitian pada masalah pendidikan dipandang kurang sesuai Bab 2 membahas tentang pengertian karakteristik dan prinsip prinsip penelitian desain Di sini dibahas halhal yang menjadi dasar pemikiran dan praktik penelitian desain Bab 3 membahas tentang bagaimana langkah langkah dalam pelaksanaan penelitian desain dalam pengembangan kurikulum Kurikulum dapat dipandang sebagai kajian terstruktur yang lebih luas dari pada materi pembelajaran Bab 4 membahas penelitian desain yang diterapkan dalam pengembangan desain pembelajaran Bab 5 membahas tentang bagaimana mengevaluasi hasil dan data data dalam penelitian desain Sementara bagaimana penelitian desain dilaksanakan agar memberikan dampak yang lebih luas dibahas di Bab 6 Akhirnya sebagai penutup akan diberikan beberapa catatan catatan untuk pelaksanaan dan pengembangan selanjutnya yang diberikan di Bab 7