Sinopsis Buku: Buku ini membahas dasar-dasar kelistrikan otomotif secara komprehensif, dirancang untuk membantu pembaca memahami konsep-konsep kelistrikan yang mendasari sistem elektronika pada kendaraan bermotor. Buku ini mencakup berbagai topik penting seperti arus listrik, tegangan, tahanan, serta hubungan antara ketiga besaran tersebut. Selain itu, buku ini juga menjelaskan hukum-hukum dasar kelistrikan, seperti Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff, yang menjadi dasar dalam analisis dan pemecahan masalah pada sistem kelistrikan otomotif. Dalam bab-bab berikutnya, buku ini menjelaskan komponen elektronika yang umum ditemukan dalam kendaraan, seperti resistor, dioda, kapasitor, relai, SCR, optocoupler, dan generator Hall Effect. Penjelasan terhadap setiap komponen dilengkapi dengan fungsi, cara kerja, dan aplikasinya dalam sistem kelistrikan otomotif. Penulis juga menjelaskan penggunaan alat ukur kelistrikan seperti amperemeter, voltmeter, dan multimeter, serta prinsip-prinsip dasar gaya magnet dan generator listrik. Buku ini sangat relevan bagi pelajar, mahasiswa, dan profesi yang terlibat dalam bidang otomotif dan elektronika, sebagai sumber referensi yang terstruktur dan mudah dipahami. Materi yang disajikan dirancang untuk membangun pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar kelistrikan otomotif, yang menjadi fondasi bagi pengembangan dan pemeliharaan sistem elektronika kendaraan bermotor.
Buku ini menyajikan penjelasan dasar dasar kelistrikan otomotif yang meliputi pembahasan teori dasar kelistrikan dan rangkaian dasar sistem kelistrikan otomotif Sistem kelistrikan pada kendaraan terdiri dari sistem pengapian sistem pengisian dan sistem start Sistem pengapian berfungsi untuk menaikkan tegangan baterai menjadi tegangan tinggi sekitar 30 000 volt pada koil pengapian yang akan digunakan untuk membangkitkan percikan bunga api pada busi Sistem pengisian berfungsi untuk mengisi kembali arus listrik yang telah diambil dari baterai pada saat pertama mesin dinyalakan starter dan juga berfungsi untuk menyediakan arus yang dibutuhkan oleh sistem kelistrikan kendaraan pada saat mesin sudah bekerja Sedangkan sistem starter berfungsi sebagai pemula gerak mesin dengan menggunakan motor listrik sebelum mesin tersebut dapat bekerja sendiri Ketiga sistem tersebut cukup rumit tetapi penting untuk diketahui karena sistem ini memegang peranan penting dalam proses kerja mesin
Jumlah Halaman | 104 |
---|---|
Kategori | Teknik dan Arsitektur |
Penerbit | Pustaka Baru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-6021-674-703 |
eISBN |