Sinopsis Buku: Buku *Dasar-Dasar Literasi Media Pembelajaran* ini merupakan panduan komprehensif yang membahas konsep-konsep inti dalam literasi media, terutama dalam konteks pendidikan. Buku ini dirancang untuk membekali pembaca dengan pemahaman mendalam tentang bagaimana media berfungsi sebagai alat komunikasi, serta dampak sosial, politik, dan komersial yang ditimbulkannya. Penulis menyajikan konsep utama seperti *media sebagai konstruksi*, *audiens menegosiasikan makna*, *implikasi komersial dan sosial media*, serta *bentuk estetika yang unik pada setiap media*. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya integrasi literasi media dalam kurikulum pendidikan, baik di tingkat pendidikan anak usia dini maupun pendidikan masyarakat. Penulis menyoroti peran pendidik dalam mengembangkan kemampuan teknologi dan kritis dalam penggunaan media, serta bagaimana literasi media dapat menjadi bagian dari pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Buku ini juga menyajikan contoh penerapan pendidikan media di Kanada, serta cara menilai dan mengevaluasi pekerjaan literasi media. Dengan pendekatan pragmatis dan berbasis teknologi, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat untuk para pendidik, pelaku pendidikan, dan pembelajar yang ingin meningkatkan literasi media dalam proses pembelajaran.
Sinopsis Buku: Buku *Dasar-Dasar Literasi Media Pembelajaran* ini merupakan panduan komprehensif yang membahas konsep-konsep inti dalam literasi media, terutama dalam konteks pendidikan. Buku ini dirancang untuk membekali pembaca dengan pemahaman mendalam tentang bagaimana media berfungsi sebagai alat komunikasi, serta dampak sosial, politik, dan komersial yang ditimbulkannya. Penulis menyajikan konsep utama seperti *media sebagai konstruksi*, *audiens menegosiasikan makna*, *implikasi komersial dan sosial media*, serta *bentuk estetika yang unik pada setiap media*. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya integrasi literasi media dalam kurikulum pendidikan, baik di tingkat pendidikan anak usia dini maupun pendidikan masyarakat. Penulis menyoroti peran pendidik dalam mengembangkan kemampuan teknologi dan kritis dalam penggunaan media, serta bagaimana literasi media dapat menjadi bagian dari pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Buku ini juga menyajikan contoh penerapan pendidikan media di Kanada, serta cara menilai dan mengevaluasi pekerjaan literasi media. Dengan pendekatan pragmatis dan berbasis teknologi, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat untuk para pendidik, pelaku pendidikan, dan pembelajar yang ingin meningkatkan literasi media dalam proses pembelajaran.
Jumlah Halaman | 58 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-482-622-2 |
eISBN |