Sinopsis Buku: Buku ini menghadirkan kumpulan esai-esai yang menggambarkan gagasan-gagasan mendalam tentang pendidikan merdeka belajar, yang merupakan salah satu konsep penting dalam upaya pengembangan pendidikan di Indonesia. Esai-esai dalam buku ini dibagi ke dalam beberapa bagian utama, yaitu *Dasar Pendidikan*, *Demam Webinar*, *Pembelajaran*, *TIPS dan TRIK Seri Semangat Guru*, *Video Animasi Media yang Dirindukan Murid*, *GAME dalam Pembelajaran*, *Konsep Penyusunan Modul Projek*, *Praktik Baik*, dan berbagai topik terkait pendidikan yang relevan dengan perkembangan dunia pendidikan modern. Dalam bagian *Dasar Pendidikan*, penulis menjelaskan konsep-konsep dasar pendidikan, termasuk pendidikan sebagai sistem, jalur, dan jenjang. Di sini disampaikan bahwa pendidikan adalah usaha yang sengaja, sadar, dan terencana untuk meningkatkan potensi dan kemampuan anak agar bermanfaat bagi kehidupannya sebagai individu dan warga masyarakat. Penulis juga membahas bahwa pendidikan memiliki dasar yang sama meskipun memiliki berbagai macam pengertian dan cara penyampaiannya. Selain itu, buku ini juga menyajikan gagasan-gagasan praktis dan implementatif terkait dengan pendidikan merdeka belajar, seperti praktik baik dalam peran guru penggerak, kebijakan kelas budaya positif, visi guru dalam melatih literasi dan berpikir kritis, serta pembelajaran berdiferensiasi. Penulis juga menyoroti pentingnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, seperti video animasi, serta peran webinar dalam pembelajaran modern. Buku ini ditulis dengan harapan dapat menjadi referensi bagi para pendidik, guru, dan pembaca umum dalam mengembangkan pendidikan yang lebih maju, relevan, dan bermakna. Penulis menyampaikan bahwa buku ini adalah upaya untuk memberikan renungan dan inspirasi dalam membangun pendidikan yang lebih baik di Indonesia.
Penulis berharap dengan adanya buku ldquo Dalam Renungan Sehimpun Esai Pendidikan Merdeka Belajar ldquo ini dapat menjadi bahan renungan guru untuk memerdekakan murid dalam pembelajaran demi mencapai merdeka belajar Keberpihakan guru kepada murid dengan mempersiapkan kebutuhan belajar proses pembelajaran dan produk yang dihasilkan dalam pembelajaran yang memerdekakan murid dalam menggali potensi dan kemampuan murid agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya sebagai seorang individu dan sebagai seorang warga masyarakat nbsp