Sinopsis: Buku ini menjelaskan peran penting guru dalam era digital yang semakin berkembang, khususnya dalam konteks implementasi Kurikulum 2013. Buku ini memberikan gambaran tentang transformasi peran guru dari pendekatan *teacher oriented* ke *student oriented*, yang menekankan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar-mengajar. Penulis membahas juga tentang karakteristik Generasi Z, yang merupakan peserta didik di era digital, serta tantangan dan peluang yang dihadapi guru dalam memenuhi kebutuhan belajar mereka. Selain itu, buku ini menjelaskan konsep guru digital, yaitu seorang guru yang mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TI) dalam pembelajaran, sehingga mampu menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, menyenangkan, dan mendorong keaktifan serta motivasi belajar siswa. Penulis juga menekankan pentingnya profesionalisme, kreativitas, dan adaptasi terhadap perubahan teknologi sebagai bagian dari tugas utama seorang guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Buku ini merupakan hasil karya guru yang ingin berkontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui inovasi dan penerapan pendekatan pembelajaran yang modern. Buku ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi para guru, siswa, dan seluruh masyarakat dalam menciptakan inovasi dan perubahan positif di dunia pendidikan.
Sinopsis: Buku ini menjelaskan peran penting guru dalam era digital yang semakin berkembang, khususnya dalam konteks implementasi Kurikulum 2013. Buku ini memberikan gambaran tentang transformasi peran guru dari pendekatan *teacher oriented* ke *student oriented*, yang menekankan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar-mengajar. Penulis membahas juga tentang karakteristik Generasi Z, yang merupakan peserta didik di era digital, serta tantangan dan peluang yang dihadapi guru dalam memenuhi kebutuhan belajar mereka. Selain itu, buku ini menjelaskan konsep guru digital, yaitu seorang guru yang mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TI) dalam pembelajaran, sehingga mampu menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, menyenangkan, dan mendorong keaktifan serta motivasi belajar siswa. Penulis juga menekankan pentingnya profesionalisme, kreativitas, dan adaptasi terhadap perubahan teknologi sebagai bagian dari tugas utama seorang guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Buku ini merupakan hasil karya guru yang ingin berkontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui inovasi dan penerapan pendekatan pembelajaran yang modern. Buku ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi para guru, siswa, dan seluruh masyarakat dalam menciptakan inovasi dan perubahan positif di dunia pendidikan.
Jumlah Halaman | 84 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-215-584-8 |
eISBN |