Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan *Cooperative Professional Development Model (CPD)* dalam *supervisi akademik* sebagai upaya meningkatkan inovasi dalam pembelajaran guru. Penulis, Ahmad Nurrofiq, S.Pd., M.Pd., menyajikan hasil penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Donorojo pada tahun pelajaran 2017–2018. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi efektivitas model CPD dalam meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan menerapkan pembelajaran inovatif. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang membahas konsep dasar supervisi akademik, prinsip-prinsip supervisi, serta konsep inovasi dalam pembelajaran. Bab-bab tersebut juga menjelaskan berbagai model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Selain itu, buku ini juga menyajikan hasil penelitian dan pembahasan terkait penerapan model CPD dalam konteks supervisi akademik, yang diharapkan dapat memberikan wawasan dan referensi bagi para pendidik, kepala sekolah, dan pengambil kebijakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Buku ini dilengkapi dengan informasi tentang fungsi dan peran kepala sekolah dalam memastikan keberhasilan implementasi model CPD, serta pentingnya keharmonisan dan keseimbangan komponen pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis penelitian, buku ini menjadi panduan praktis bagi pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pembelajaran di tingkat satuan pendidikan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan *Cooperative Professional Development Model (CPD)* dalam *supervisi akademik* sebagai upaya meningkatkan inovasi dalam pembelajaran guru. Penulis, Ahmad Nurrofiq, S.Pd., M.Pd., menyajikan hasil penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Donorojo pada tahun pelajaran 2017–2018. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi efektivitas model CPD dalam meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan menerapkan pembelajaran inovatif. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang membahas konsep dasar supervisi akademik, prinsip-prinsip supervisi, serta konsep inovasi dalam pembelajaran. Bab-bab tersebut juga menjelaskan berbagai model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Selain itu, buku ini juga menyajikan hasil penelitian dan pembahasan terkait penerapan model CPD dalam konteks supervisi akademik, yang diharapkan dapat memberikan wawasan dan referensi bagi para pendidik, kepala sekolah, dan pengambil kebijakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Buku ini dilengkapi dengan informasi tentang fungsi dan peran kepala sekolah dalam memastikan keberhasilan implementasi model CPD, serta pentingnya keharmonisan dan keseimbangan komponen pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis penelitian, buku ini menjadi panduan praktis bagi pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pembelajaran di tingkat satuan pendidikan.
Jumlah Halaman | 58 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-248-068-1 |
eISBN |