Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran kooperatif, sebuah pendekatan pembelajaran yang menekankan kolaborasi antar siswa dalam mencapai tujuan belajar secara bersama. Buku ini menjelaskan berbagai strategi dan prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif, baik yang bersifat formal maupun informal, serta membahas pentingnya keterampilan kooperatif yang perlu dikembangkan dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran kooperatif bertujuan untuk menciptakan komunitas belajar yang dinamis, di mana siswa saling mendukung, saling belajar, dan berkembang bersama. Buku ini juga memberikan panduan praktis mengenai struktur tugas, peran guru, dan cara mengevaluasi keefektifan pembelajaran kooperatif. Selain itu, buku ini menjelaskan tentang kelompok inti kelas, kelompok inti sekolah, serta kelompok inti yang menerima saran atau masuk ruang bimbingan, sebagai bagian dari upaya membangun hubungan jangka panjang yang stabil dalam lingkungan belajar. Buku ini sangat bermanfaat bagi guru, pengambil kebijakan pendidikan, dan semua pihak yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan kolaboratif. Dengan mengintegrasikan pembelajaran kooperatif dalam kurikulum, siswa akan lebih mudah mencapai keberhasilan akademik dan perkembangan sosial secara bersamaan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran kooperatif, sebuah pendekatan pembelajaran yang menekankan kolaborasi antar siswa dalam mencapai tujuan belajar secara bersama. Buku ini menjelaskan berbagai strategi dan prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif, baik yang bersifat formal maupun informal, serta membahas pentingnya keterampilan kooperatif yang perlu dikembangkan dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran kooperatif bertujuan untuk menciptakan komunitas belajar yang dinamis, di mana siswa saling mendukung, saling belajar, dan berkembang bersama. Buku ini juga memberikan panduan praktis mengenai struktur tugas, peran guru, dan cara mengevaluasi keefektifan pembelajaran kooperatif. Selain itu, buku ini menjelaskan tentang kelompok inti kelas, kelompok inti sekolah, serta kelompok inti yang menerima saran atau masuk ruang bimbingan, sebagai bagian dari upaya membangun hubungan jangka panjang yang stabil dalam lingkungan belajar. Buku ini sangat bermanfaat bagi guru, pengambil kebijakan pendidikan, dan semua pihak yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan kolaboratif. Dengan mengintegrasikan pembelajaran kooperatif dalam kurikulum, siswa akan lebih mudah mencapai keberhasilan akademik dan perkembangan sosial secara bersamaan.
Jumlah Halaman | 208 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Nusamedia |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 979-1305-41-9 |
eISBN |