Sinopsis Buku: Buku *Cerdas Menulis PTK (Penelitian Tindakan Kelas)* ini merupakan panduan praktis dan sistematis bagi para guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Buku ini menjelaskan langkah-langkah lengkap mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penyusunan laporan PTK secara terstruktur. Dalam buku ini, pembaca akan memahami makna siklus dalam PTK, cara melakukan pelaksanaan tindakan secara kolaboratif, serta kegiatan yang dilakukan dalam setiap siklus. Selain itu, buku ini juga membahas cara mengidentifikasi dan menganalisis masalah, teknik mencari permasalahan, serta beberapa contoh permasalahan yang dapat dijadikan bahan PTK. Buku ini juga menjelaskan bagaimana melakukan simulasi pelaksanaan tindakan, mengamati dan mengolah data, serta menafsirkan hasil penelitian. Pembaca akan mempelajari sistematika penyusunan proposal PTK, cara menyusun laporan penelitian secara lengkap, teknik penyajian data, dan berbagai metode pengumpulan data seperti pengamatan, wawancara, serta angket atau kuesioner. Dengan penjelasan yang jelas, disertai contoh-contoh yang mudah dipahami, buku ini menjadi panduan yang sangat bermanfaat bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Buku ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para guru dalam memperbaiki kondisi kelas dan meningkatkan kompetensi profesional mereka.
Sinopsis Buku: Buku *Cerdas Menulis PTK (Penelitian Tindakan Kelas)* ini merupakan panduan praktis dan sistematis bagi para guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Buku ini menjelaskan langkah-langkah lengkap mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penyusunan laporan PTK secara terstruktur. Dalam buku ini, pembaca akan memahami makna siklus dalam PTK, cara melakukan pelaksanaan tindakan secara kolaboratif, serta kegiatan yang dilakukan dalam setiap siklus. Selain itu, buku ini juga membahas cara mengidentifikasi dan menganalisis masalah, teknik mencari permasalahan, serta beberapa contoh permasalahan yang dapat dijadikan bahan PTK. Buku ini juga menjelaskan bagaimana melakukan simulasi pelaksanaan tindakan, mengamati dan mengolah data, serta menafsirkan hasil penelitian. Pembaca akan mempelajari sistematika penyusunan proposal PTK, cara menyusun laporan penelitian secara lengkap, teknik penyajian data, dan berbagai metode pengumpulan data seperti pengamatan, wawancara, serta angket atau kuesioner. Dengan penjelasan yang jelas, disertai contoh-contoh yang mudah dipahami, buku ini menjadi panduan yang sangat bermanfaat bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Buku ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para guru dalam memperbaiki kondisi kelas dan meningkatkan kompetensi profesional mereka.
Jumlah Halaman | 78 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PT. Mediaguru Digital Indonesia |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-497-593-7 |
eISBN |