Dalam kehidupan berbangsa ilmu sejarah memiliki peran penting dalam membentuk karakter generasi muda Indonesia Oleh karena itu Penulis berinisiatif untuk menyusun sebuah buku teks pelajaran Sejarah untuk SMA MA Buku ini disusun berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Guna memudahkan siswa dalam mempelajari materi yang ada pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep kata kunci tugas tokoh info sejarah link sejarah istilah penting refleksi rangkuman dan soal latihan Selain itu terdapat soal evaluasi di setiap semester Buku ini juga dilengkapi dengan glosarium daftar pustaka dan indeks Semua itu bertujuan agar siswa lebih mudah untuk memahami materi yang disajikan dalam buku ini Setelah mempelajari buku ini siswa dapat memiliki pengetahuan keterampilan dan mampu memahami nilai nilai dasar kesejarahan Selain itu siswa diharapkan dapat berpikir kritis analitis kronologis dapat menghargai pendapat orang lain dan mampu bersaing di lingkungan global Akhir kata Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak pihak lain yang turut membantu penerbitan buku ini Penulis mengharapkan saran dari pembaca untuk buku ini di masa yang akan datang Dalam kehidupan berbangsa ilmu sejarah memiliki peran penting dalam membentuk karakter generasi muda Indonesia Oleh karena itu Penulis berinisiatif untuk menyusun sebuah buku teks pelajaran Sejarah untuk SMA MA Buku ini disusun berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran ...pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Guna memudahkan siswa dalam mempelajari materi yang ada pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep kata kunci tugas tokoh info sejarah link sejarah istilah penting refleksi rangkuman dan soal latihan Selain itu terdapat soal evaluasi di setiap semester Buku ini juga dilengkapi dengan glosarium daftar pustaka dan indeks Semua itu bertujuan agar siswa lebih mudah untuk memahami materi yang disajikan dalam buku ini Setelah mempelajari buku ini siswa dapat memiliki pengetahuan keterampilan dan mampu memahami nilai nilai dasar kesejarahan Selain itu siswa diharapkan dapat berpikir kritis analitis kronologis dapat menghargai pendapat orang lain dan mampu bersaing di lingkungan global Akhir kata Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak pihak lain yang turut membantu penerbitan buku ini Penulis mengharapkan saran dari pembaca untuk buku ini di masa yang akan datang