Sinopsis Buku: Buku ini membahas cara praktis meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar, yang merupakan kunci untuk mewujudkan kompetensi dan ranah pembelajaran yang terdapat dalam Kurikulum 2013. Buku ini memberikan panduan lengkap tentang konsep motivasi, termasuk definisi, jenis-jenis, fungsi, indikator, serta bentuk-bentuk motivasi yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah. Selain itu, buku ini juga menjelaskan prinsip-prinsip dan jenis-jenis aktivitas belajar yang efektif untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis konsep, buku ini menjadi acuan penting bagi para guru dalam merancang dan mengembangkan model pembelajaran yang mampu memotivasi siswa secara optimal.
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia melalui kegiatan pengajaran Salah satu faktor dari dalam diri yang menentukan berhasil tidaknya dalam proses belajar mengajar adalah motivasi belajar Dalam kegiatan belajar motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar Motivasi belajar adalah merupakan faktor psikis yang bersifat nonintelektual Seseorang yang mempunyai inteligensi yang cukup tinggi bisa gagal karena kurang adanya motivasi dalam belajarnya Motivasi mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar baik bagi guru maupun siswa Bagi guru mengetahui motivasi belajar dari siswa sangat diperlukan guna memelihara dan meningkatkan semangat belajar siswa Bagi siswa motivasi belajar dapat menumbuhkan semangat belajar sehingga siswa terdorong untuk melakukan perbuatan belajar Siswa melakukan aktivitas belajar dengan senang karena didorong motivasi Sedangkan faktor dari luar diri siswa yang dapat mempengaruhi belajar adalah faktor metode pembelajaran Selain siswa unsur terpenting yang ada dalam kegiatan pembelajaran adalah guru Guru sebagai pengajar yang memberikan ilmu pengetahuan sekaligus pendidik yang mengajarkan nilai nilai akhlak moral maupun sosial dan untuk menjalankan peran tersebut seorang guru dituntut untuk memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas yang nantinya akan diajarkan kepada siswa Seorang guru dalam menyampaikan materi perlu memilih metode mana yang sesuai dengan keadaan kelas atau siswa sehingga siswa merasa tertarik untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan Dengan variasi metode dapat meningkatkan kegiatan belajar siswa
Jumlah Halaman | 92 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-1288-8 |
eISBN | 978-623-02-1327-4 |