Logo Bacabuku
Cara Mudah Menjadi Bidan yang Komunikatif

Cara Mudah Menjadi Bidan yang Komunikatif

Octa Dwienda Ristica; Kiki Megasari; Een Husanah; Miratu Megasari
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas cara mudah menjadi bidan yang komunikatif, dengan fokus pada kemampuan komunikasi dan hubungan antar manusia dalam pelayanan kebidanan. Buku ini dirancang untuk membekali calon bidan dengan pengetahuan dan keterampilan dalam berkomunikasi secara efektif dengan pasien, keluarga, dan tim kesehatan lainnya. Dalam buku ini, dibahas berbagai aspek penting seperti definisi dan proses komunikasi, faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi, serta bentuk-bentuk komunikasi yang relevan dalam lingkungan pelayanan kesehatan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang hubungan antar manusia (human relation), termasuk tujuan, faktor-faktor yang memengaruhi hubungan antar manusia, serta teknik-teknik dalam membangun hubungan yang baik antar pribadi. Selain itu, buku ini juga menyajikan materi tentang proses dan praktik konseling dalam pelayanan kebidanan, perbedaan antara konseling dan pemberian nasehat, serta proses konseling yang efektif. Buku ini juga menjelaskan tentang kesulitan-kesulitan yang mungkin dihadapi dalam konseling dan upaya-upaya untuk mengatasinya. Dengan struktur yang jelas dan penjelasan yang mudah dipahami, buku ini menjadi panduan yang sangat berguna bagi calon bidan maupun bidan yang ingin meningkatkan kemampuan komunikasinya dalam pelayanan kebidanan.

Sinopsis ebook

Angka Kematian Ibu AKI di Indonesia masih tinggi setiap tahun jumlahnya 18 000 ibu yang meninggal dunia dua jiwa yang melayang setiap jam karena kehamilan dan atau persalinan Kematian ibu ternyata tidak hanya diikuti oleh tingginya Angka Kematian Bayi AKB tetapi juga meningkatnya jumlah balita yang menjadi piatu baru 36 000 tahun SDKI 2003 Resiko kematian ibu akibat kehamilan persalinan atau masa nifas serta bayi dapat dikurangi bila ada upaya persiapan persalinan dan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dasar Bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan yang menjadi ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar namun pada kenyataannya walaupun hampir semua pemeriksaan ante natal datang pada bidan sebagian besar persalinan masih ditolong oleh dukun beranak Hal ini menunjukkan bahwa ibu lebih percaya kepada dukun beranak dibandingkan kepada bidan Salah satu penyebab keadaan tersebut adalah rendahnya kualitas ketrampilan tenaga kesehatan khususnya bidan dalam berkomunikasi dan memberikan konseling kepada klien Kualitas komunikasi bidan yang rendah akan berdampak terhadap transfer pesan kepada klien kurang baik bidan menjadi kurang peka dan kurang mampu menggali kebutuhan dan masalah klien tidak tanggap terhadap perasaan klien klien menjadi tidak puas dan selanjutnya dapat diperkirakan kredibilitas bidan tersebut diragukan Ketrampilan teknis medis semata tidak cukup untuk memberikan pelayanan yang memuaskan klien ibu sekalipun bidan tersebut secara teknis terampil mutu pelayanan yang diberikan kepada klien tidak akan optimal bahkan mungkin rendah oleh karena itu diperlukan ketrampilan ketrampilan tambahan yaitu ketrampilan berkomunikasi yang efektif dan cara cara memberikan konseling yang baik Tujuan akhir dari pembuatan modul ini adalah memberikan pengetahuan dan pengalaman pada mahasiswa mengenai Pengertian tujuan menerapkan Keterampilan observasi mendengar aktif dan ketrampilan bertanya menguraikan pemahaman diri menerapkan proses konseling menjelaskan aspek aspek yang harus dimiliki konselor dan menyebutkan penghambat konseling

Detail Buku

Jumlah Halaman 202
Kategori Kesehatan
Penerbit Deepublish
Tahun Terbit 2015
ISBN 978-602-280-669-1
eISBN
Cara Mudah Menjadi Bidan yang Komunikatif

Cara Mudah Menjadi Bidan yang Komunikatif

Octa Dwienda Ristica; Kiki Megasari; Een Husanah; Miratu Megasari