Sinopsis Buku Cara Mudah Belajar EKG dan Aplikasinya Buku ini dirancang untuk membantu pembaca memahami konsep dasar dan prinsip kerja elektrokardiogram (EKG) secara sistematis dan mudah dipahami. Buku ini cocok untuk mahasiswa kedokteran, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya yang ingin mempelajari EKG sebagai alat diagnostik penting dalam bidang kardiovaskular. Buku ini memulai dengan penjelasan tentang sejarah EKG, anatomi dan fisiologi jantung, serta dasar elektrofisiologi pada jantung. Pembaca akan memahami bagaimana jantung menghasilkan dan menghantarkan sinyal listrik, serta peran pacemaker jantung dan sel-sel konduksi dalam mengatur irama jantung. Selanjutnya, buku ini menjelaskan tentang kertas EKG, standar gelombang EKG, cara menghitung frekuensi jantung (HR), serta variasi bentuk normal kompleks PQRST. Pembaca juga akan mempelajari irama normal EKG sebagai dasar untuk mengenali gangguan irama atau arytmia. Buku ini kemudian membahas berbagai jenis arytmia atrial, seperti atrial takikardia, atrial fluter, atrial fibrilasi, premature atrial contraction (PAC), dan supraventrikular takikardia. Selain itu, buku ini juga menjelaskan penyebab, karakteristik, dan manajemen dari arytmia ventrikel. Selain arytmia, buku ini juga memperkenalkan konsep block, termasuk block atrioventrikular (AV block), block sinoatrial (SA block), dan bundle block. Pembaca akan memahami jenis-jenis block, penyebabnya, serta cara mengenali dan mengelola kondisi tersebut dalam pelayanan klinis. Dengan pendekatan yang sederhana dan terstruktur, buku ini memberikan penjelasan yang jelas dan praktis, sehingga memudahkan pembaca dalam mempelajari dan menerapkan konsep EKG dalam kehidupan klinis sehari-hari.
Elektrokardiogram EKG merupakan bagian dari ilmu sistem kardiovaskular sebagai alat untuk mengetahui irama listrik jantung Grafik yang merupakan interpretasi dari listrik jantung ternyata memiliki makna penting dalam menentukan normal atau abnormal irama jantung seseorang
Jumlah Halaman | 116 |
---|---|
Kategori | Kesehatan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-52540-7-9 |
eISBN | proses |