Sinopsis Buku: Buku ini membahas cara jitu dan terbaik dalam mengembangkan budaya sekolah berbasis sejarah melalui strategi *branding* sekolah. Penulis menjelaskan bahwa *branding* sekolah bukan hanya sekadar identitas visual, tetapi merupakan upaya untuk membangun karakter peserta didik, meningkatkan kualitas pendidikan, dan memperkuat nilai-nilai nasionalis, religius, mandiri, gotong royong, dan integritas. Penulis menekankan pentingnya peran kepala sekolah dalam menganalisis lingkungan sekitar, merumuskan visi, misi, dan tujuan sekolah yang selaras dengan *branding*, serta memanfaatkan sumber daya lokal seperti museum, tempat bersejarah, budaya, dan kegiatan ekstrakurikuler untuk mendukung terbentuknya budaya sekolah yang unik dan berbasis sejarah. Selain itu, buku ini juga menggambarkan upaya penguatan pendidikan karakter (PPK) yang terintegrasi dalam sistem pendidikan nasional dan merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Dengan pendekatan ini, sekolah diharapkan menjadi tempat yang ramah, mendorong pertumbuhan peserta didik, dan meningkatkan daya tarik serta nilai tawar sekolah di mata masyarakat. Buku ini juga memberikan gambaran tentang tantangan yang dihadapi SMP Negeri 1 Muntok dalam menuju sekolah berbasis sejarah, serta upaya yang dilakukan untuk mencapai visi tersebut. Penulis berharap buku ini dapat menjadi referensi bagi para pemangku kebijakan pendidikan, kepala sekolah, dan masyarakat dalam membangun budaya sekolah yang bermutu dan berakar pada nilai-nilai sejarah dan karakter bangsa.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas cara jitu dan terbaik dalam mengembangkan budaya sekolah berbasis sejarah melalui strategi *branding* sekolah. Penulis menjelaskan bahwa *branding* sekolah bukan hanya sekadar identitas visual, tetapi merupakan upaya untuk membangun karakter peserta didik, meningkatkan kualitas pendidikan, dan memperkuat nilai-nilai nasionalis, religius, mandiri, gotong royong, dan integritas. Penulis menekankan pentingnya peran kepala sekolah dalam menganalisis lingkungan sekitar, merumuskan visi, misi, dan tujuan sekolah yang selaras dengan *branding*, serta memanfaatkan sumber daya lokal seperti museum, tempat bersejarah, budaya, dan kegiatan ekstrakurikuler untuk mendukung terbentuknya budaya sekolah yang unik dan berbasis sejarah. Selain itu, buku ini juga menggambarkan upaya penguatan pendidikan karakter (PPK) yang terintegrasi dalam sistem pendidikan nasional dan merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Dengan pendekatan ini, sekolah diharapkan menjadi tempat yang ramah, mendorong pertumbuhan peserta didik, dan meningkatkan daya tarik serta nilai tawar sekolah di mata masyarakat. Buku ini juga memberikan gambaran tentang tantangan yang dihadapi SMP Negeri 1 Muntok dalam menuju sekolah berbasis sejarah, serta upaya yang dilakukan untuk mencapai visi tersebut. Penulis berharap buku ini dapat menjadi referensi bagi para pemangku kebijakan pendidikan, kepala sekolah, dan masyarakat dalam membangun budaya sekolah yang bermutu dan berakar pada nilai-nilai sejarah dan karakter bangsa.
Jumlah Halaman | 56 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-248-300-2 |
eISBN |