Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kumpulan hasil penelitian pendidikan kimia yang terbit dalam *Bunga Rampai Penelitian Pendidikan Kimia Jilid 1*. Buku ini menghadirkan berbagai studi empiris dan analisis yang relevan dengan pengajaran dan pembelajaran kimia di tingkat sekolah menengah. Isi buku meliputi beberapa topik utama, antara lain: 1. Pemberdayaan Pebelajar Kimia Melalui Modalitas dan Strategi Pembelajaran – Seorang pakar pendidikan kimia, Prof. Dra. Srini M. Iskandar, M.Sc, Ph.D, membahas pentingnya memperhatikan modalitas belajar dan strategi pembelajaran dalam meningkatkan keterlibatan dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran kimia. 2. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Modalitas Belajar Melalui Membelajaran Problem Posing dalam Learning Cycle Tiga Fase pada Materi Stoikiometri – Penelitian ini mengeksplorasi dampak dari pendekatan pembelajaran berbasis masalah (problem posing) dalam model *Learning Cycle Tiga Fase* terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo pada materi stoikiometri. 3. Keefektifan Penerapan Blended Learning Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kota Bima pada Materi Laju Reaksi – Penelitian ini mengevaluasi efektivitas pendekatan *blended learning* dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. 4. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Daur Belajar 6f (Six Phased Learning Cycle) -Pembentukan Soal (Problem Posing) terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar pada Materi Hidrolisis – Penelitian ini meninjau dampak dari strategi pembelajaran berbasis siklus 6 fase dengan pendekatan *problem posing* terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi hidrolisis. Seluruh penelitian dalam buku ini berfokus pada upaya peningkatan kualitas pembelajaran kimia melalui pendekatan yang inovatif, berbasis masalah, dan berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Buku ini sangat relevan bagi para guru, dosen, dan calon pendidik yang tertarik mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dan berbasis penelitian.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kumpulan hasil penelitian pendidikan kimia yang terbit dalam *Bunga Rampai Penelitian Pendidikan Kimia Jilid 1*. Buku ini menghadirkan berbagai studi empiris dan analisis yang relevan dengan pengajaran dan pembelajaran kimia di tingkat sekolah menengah. Isi buku meliputi beberapa topik utama, antara lain: 1. Pemberdayaan Pebelajar Kimia Melalui Modalitas dan Strategi Pembelajaran – Seorang pakar pendidikan kimia, Prof. Dra. Srini M. Iskandar, M.Sc, Ph.D, membahas pentingnya memperhatikan modalitas belajar dan strategi pembelajaran dalam meningkatkan keterlibatan dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran kimia. 2. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Modalitas Belajar Melalui Membelajaran Problem Posing dalam Learning Cycle Tiga Fase pada Materi Stoikiometri – Penelitian ini mengeksplorasi dampak dari pendekatan pembelajaran berbasis masalah (problem posing) dalam model *Learning Cycle Tiga Fase* terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo pada materi stoikiometri. 3. Keefektifan Penerapan Blended Learning Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kota Bima pada Materi Laju Reaksi – Penelitian ini mengevaluasi efektivitas pendekatan *blended learning* dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. 4. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Daur Belajar 6f (Six Phased Learning Cycle) -Pembentukan Soal (Problem Posing) terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar pada Materi Hidrolisis – Penelitian ini meninjau dampak dari strategi pembelajaran berbasis siklus 6 fase dengan pendekatan *problem posing* terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi hidrolisis. Seluruh penelitian dalam buku ini berfokus pada upaya peningkatan kualitas pembelajaran kimia melalui pendekatan yang inovatif, berbasis masalah, dan berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Buku ini sangat relevan bagi para guru, dosen, dan calon pendidik yang tertarik mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dan berbasis penelitian.
Jumlah Halaman | 256 |
---|---|
Kategori | Kedokteran |
Penerbit | Bayu Media |
Tahun Terbit | 2013 |
ISBN | 978-602-7705-75-3 |
eISBN |