Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pembelajaran didalam kelas hendaknya turut memberikan kontribusi bagi pengembangan potensi peserta didik Salah satu bentuk kontribusi guru adalah guru sebagai fasilitator pembelajaran diharapkan mampu menciptakan proses suasana pembelajaran yang kondusif yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran didalam ruang kelas proses Dalam kurikulum 2013 beberapa metode yang dapat diterapkan guru ekonomi dalam proses pembelajaran adalah metode Jigsaw metode diskusi dan metode simulasi Penggunaan metode yang bervariasi merupakan salah satu cara untuk mengurangi rasa bosan peserta didik dalam mengikuti KMB Kegiatan Belajar dan Pembelajaran Bermain game dengan menggunakan permainan monopoli tentu sangat menyenangkan Tidak hanya bermain tapi peserta didik juga akan memperoleh pengalaman belajar yang bermakna dan bermanfaat Materi sulit akan terasa lebih ringan untukdipelajari tanpa tekanan dan keterpaksaan Model pembelajaran dengan game tersebut membuat buku ini menarik untuk dibaca Buku ini berisi pengalaman penulis dalam melakukan pembelajaran di kelas yang diungkapkan dengan bahasa sederhana mudah dicerna dan aplikatif Penulis berharap buku ini dapat memberikan inpirasi bagi pendidik dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif khususnya pada mata pelajaran ekonomi Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pembelajaran didalam kelas hendaknya turut memberikan kontribusi bagi pengembangan potensi peserta didik Salah satu bentuk kontribusi guru adalah guru sebagai fasilitator pembelajaran diharapkan mampu menciptakan proses suasana pembelajaran yang kondusif yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran didalam ruang kelas ...proses Dalam kurikulum 2013 beberapa metode yang dapat diterapkan guru ekonomi dalam proses pembelajaran adalah metode Jigsaw metode diskusi dan metode simulasi Penggunaan metode yang bervariasi merupakan salah satu cara untuk mengurangi rasa bosan peserta didik dalam mengikuti KMB Kegiatan Belajar dan Pembelajaran Bermain game dengan menggunakan permainan monopoli tentu sangat menyenangkan Tidak hanya bermain tapi peserta didik juga akan memperoleh pengalaman belajar yang bermakna dan bermanfaat Materi sulit akan terasa lebih ringan untukdipelajari tanpa tekanan dan keterpaksaan Model pembelajaran dengan game tersebut membuat buku ini menarik untuk dibaca Buku ini berisi pengalaman penulis dalam melakukan pembelajaran di kelas yang diungkapkan dengan bahasa sederhana mudah dicerna dan aplikatif Penulis berharap buku ini dapat memberikan inpirasi bagi pendidik dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif khususnya pada mata pelajaran ekonomi