Sistem tulisan yang terdapat di dunia dikelompokkan ke dalam dua kelompok yaitu hyoo on moji huruf yang hanya melambangkan bunyi dan hyoo i moji huruf yang menyatakan arti Bahasa yang dalam penulisannya menggunakan huruf latin Latin seperti bahasa Indonesia ataupun Eropa termasuk kedalam hyoo on moji sedangkan bahasa Jepang termasuk ke dalam hyoo on moji dan hyoo i moji Penguasaan kanji sangat penting bagi pemelajar bahasa Jepang karena kanji merupakan dasar atau inti dari Intelektualitas Bahasa Jepang Untuk memperoleh keterampilan produktif yaitu membaca dan menulis bahasa Jepang tidak mungkin bisa dicapai jika tidak menguasai kanji Kanji harus dipelajari dengan ketekunan keseriusan dan latihan sebanyak mungkin serta tidak terlepas dari daya ingatan yang kuat sehingga pembelajar tidak akan menemukan kesulitan dan mereka bisa merasakan sesuatu yang menyenangkan Kanji selain harus dihafal juga harus dibarengi dengan keterampilan tangan yaitu latihan menulis Terampil membaca kanji belum tentu terampil menulis namun tetapi terampil menulis kanji biasanya terampil juga membaca jadi keterampilan menulis dan keterampilan membaca sangat diperlukan dalam belajar kanji Metode belajar kanji dengan metode dan cerita dipakai sebagai sistem penyusunan indeks kanji hingga untuk mengingat dan menafsirkan arti kanji dengan menghubungkannya pada hal hal yang berkaitan dengan kanji tersebut Seperti dengan melihat kaii moji atau komponen alami pembentuknya lalu merangkaikan atau mengembangkannya menjadi sebuah cerita unik sehingga dapat Iebih mudah mengingatnya Sistem tulisan yang terdapat di dunia dikelompokkan ke dalam dua kelompok yaitu hyoo on moji huruf yang hanya melambangkan bunyi dan hyoo i moji huruf yang menyatakan arti Bahasa yang dalam penulisannya menggunakan huruf latin Latin seperti bahasa Indonesia ataupun Eropa termasuk kedalam hyoo ...on moji sedangkan bahasa Jepang termasuk ke dalam hyoo on moji dan hyoo i moji Penguasaan kanji sangat penting bagi pemelajar bahasa Jepang karena kanji merupakan dasar atau inti dari Intelektualitas Bahasa Jepang Untuk memperoleh keterampilan produktif yaitu membaca dan menulis bahasa Jepang tidak mungkin bisa dicapai jika tidak menguasai kanji Kanji harus dipelajari dengan ketekunan keseriusan dan latihan sebanyak mungkin serta tidak terlepas dari daya ingatan yang kuat sehingga pembelajar tidak akan menemukan kesulitan dan mereka bisa merasakan sesuatu yang menyenangkan Kanji selain harus dihafal juga harus dibarengi dengan keterampilan tangan yaitu latihan menulis Terampil membaca kanji belum tentu terampil menulis namun tetapi terampil menulis kanji biasanya terampil juga membaca jadi keterampilan menulis dan keterampilan membaca sangat diperlukan dalam belajar kanji Metode belajar kanji dengan metode dan cerita dipakai sebagai sistem penyusunan indeks kanji hingga untuk mengingat dan menafsirkan arti kanji dengan menghubungkannya pada hal hal yang berkaitan dengan kanji tersebut Seperti dengan melihat kaii moji atau komponen alami pembentuknya lalu merangkaikan atau mengembangkannya menjadi sebuah cerita unik sehingga dapat Iebih mudah mengingatnya