Buku ini terdiri dari 10 bab bab pertama mengenai standar penilaian mulai dari konsep hingga landasan yuridisnya Bab kedua tentang teknik dan alat penilaian bab tiga tentang penilaian hasil belajar bab empat tentang pengolahan nilai hasil belajar dan pelaoran Bab lima dan enam tentang penilaian kurikulum dan konsep dasarnya bab tujuh adalah teknik penilaian bab delapan tentang perancangan tes bab sembilan tentang teknik pengolahan hasil evaluasi dan bab terakhir tentang analisis kaulitas tes dan butir soal Menurut Carter V Good dalam Dictionary of Education pendidikan itu adalah 1 proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlaku dalam masyarakatnya 2 proses sosial ketika seseorang dipengaruhi oleh suatu lingkungan yang terpimpin sehingga dia dapat mencapai kecakapan sosial dan mengembangkan pribadinya Konsep pendidikan monodisipliner mempunyai banyak kelemahan karena melihat pendidikan hanya dari aspek tertentu saja sehingga orang tidak memiliki pemahaman yang komprehensif dan utuh tentang pendidikan Oleh sebab itu sebaiknya kita memahami konsep pendidikan berdasarkan sistem dengan pendekatan multidisipliner Sistem adalah suatu totalitas yang terdiri atas berbagai komponen yang melakukan suatu totalitas yang terdiri atas berbagai komponen yang melakukan interaksi saling mempengaruhi interelasi saling berhubungan interdependensi saling ketergantungan dan interpenetrasi saling menerobos untuk mencapai tujuan tertentu Komponen mengandung arti bagian bagian yang mempunyai fungsi tertentu dalam mencapai tujuan sistem Jika fungsi fungsi tersebut bekerja dalam pencapaian tujuan sistem maka disebut proses Dengan demikian pengertian pendidikan sebagai suatu sistem adalah suatu keseluruhan yang terdiri atas berbagai komponen pendidikan yang fungsional untuk mengembangkan kepribadian manusia seutuhnya Buku ini terdiri dari 10 bab bab pertama mengenai standar penilaian mulai dari konsep hingga landasan yuridisnya Bab kedua tentang teknik dan alat penilaian bab tiga tentang penilaian hasil belajar bab empat tentang pengolahan nilai hasil belajar dan pelaoran Bab lima dan enam tentang penilaian kurikulum dan konsep dasarnya bab tujuh ...adalah teknik penilaian bab delapan tentang perancangan tes bab sembilan tentang teknik pengolahan hasil evaluasi dan bab terakhir tentang analisis kaulitas tes dan butir soal Menurut Carter V Good dalam Dictionary of Education pendidikan itu adalah 1 proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlaku dalam masyarakatnya 2 proses sosial ketika seseorang dipengaruhi oleh suatu lingkungan yang terpimpin sehingga dia dapat mencapai kecakapan sosial dan mengembangkan pribadinya Konsep pendidikan monodisipliner mempunyai banyak kelemahan karena melihat pendidikan hanya dari aspek tertentu saja sehingga orang tidak memiliki pemahaman yang komprehensif dan utuh tentang pendidikan Oleh sebab itu sebaiknya kita memahami konsep pendidikan berdasarkan sistem dengan pendekatan multidisipliner Sistem adalah suatu totalitas yang terdiri atas berbagai komponen yang melakukan suatu totalitas yang terdiri atas berbagai komponen yang melakukan interaksi saling mempengaruhi interelasi saling berhubungan interdependensi saling ketergantungan dan interpenetrasi saling menerobos untuk mencapai tujuan tertentu Komponen mengandung arti bagian bagian yang mempunyai fungsi tertentu dalam mencapai tujuan sistem Jika fungsi fungsi tersebut bekerja dalam pencapaian tujuan sistem maka disebut proses Dengan demikian pengertian pendidikan sebagai suatu sistem adalah suatu keseluruhan yang terdiri atas berbagai komponen pendidikan yang fungsional untuk mengembangkan kepribadian manusia seutuhnya