Sinopsis Buku Evaluasi Pendidikan Buku ini membahas berbagai aspek terkait standar penilaian dalam perspektif Standar Nasional Pendidikan. Mulai dari kedudukan evaluasi dalam pembelajaran, konsep dasar pendidikan nasional, standar nasional pendidikan, hingga landasan yuridis-formal sistem evaluasi dan standar penilaian. Selanjutnya, buku ini juga menjelaskan teknik dan alat penilaian yang digunakan dalam proses pembelajaran, serta cara, pelaksanaan, dan bentuk penilaian hasil belajar. Terakhir, buku ini menyajikan pengolahan nilai hasil belajar dan pelaporan yang terkait dengan penilaian. Buku ini merupakan bahan bacaan yang penting bagi dosen dan mahasiswa, khususnya dalam Program Studi D-IV Bidan Pendidik di STIKES Hafshawaty Zainul Hasan Probolinggo. Buku ini juga mengandung upaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan melalui penilaian yang objektif dan berstandar nasional. Alasan: - Buku ini berisi materi tentang standar penilaian dalam perspektif Standar Nasional Pendidikan, yang disusun dalam beberapa bab seperti BAB I, BAB II, BAB III, dan BAB IV. - Penjelasan tentang kedudukan evaluasi dalam pembelajaran, konsep dasar pendidikan nasional, dan landasan yuridis-formal sistem evaluasi dan standar penilaian dapat ditemukan dalam BAB I. - Teknik dan alat penilaian yang dijelaskan dalam BAB II memberikan gambaran lengkap tentang cara melakukan penilaian dalam proses pembelajaran. - BAB III menjelaskan cara penilaian hasil belajar, pelaksanaan, dan bentuk penilaian, sedangkan BAB IV membahas pengolahan nilai dan pelaporan hasil penilaian. - Buku ini diterbitkan dengan harapan dapat menjadi landasan teori bagi mahasiswa dan dosen dalam mengelola diri dan meningkatkan kualitas pendidikan. Kesimpulan: Buku *Evaluasi Pendidikan* ini merupakan referensi yang komprehensif dalam bidang penilaian pendidikan, yang mencakup konsep, teknik, dan pelaksanaan penilaian sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Buku ini dirancang untuk mendukung pengembangan profesionalisme pendidik dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Buku ini terdiri dari 10 bab bab pertama mengenai standar penilaian mulai dari konsep hingga landasan yuridisnya Bab kedua tentang teknik dan alat penilaian bab tiga tentang penilaian hasil belajar bab empat tentang pengolahan nilai hasil belajar dan pelaoran Bab lima dan enam tentang penilaian kurikulum dan konsep dasarnya bab tujuh adalah teknik penilaian bab delapan tentang perancangan tes bab sembilan tentang teknik pengolahan hasil evaluasi dan bab terakhir tentang analisis kaulitas tes dan butir soal Menurut Carter V Good dalam Dictionary of Education pendidikan itu adalah 1 proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlaku dalam masyarakatnya 2 proses sosial ketika seseorang dipengaruhi oleh suatu lingkungan yang terpimpin sehingga dia dapat mencapai kecakapan sosial dan mengembangkan pribadinya Konsep pendidikan monodisipliner mempunyai banyak kelemahan karena melihat pendidikan hanya dari aspek tertentu saja sehingga orang tidak memiliki pemahaman yang komprehensif dan utuh tentang pendidikan Oleh sebab itu sebaiknya kita memahami konsep pendidikan berdasarkan sistem dengan pendekatan multidisipliner Sistem adalah suatu totalitas yang terdiri atas berbagai komponen yang melakukan suatu totalitas yang terdiri atas berbagai komponen yang melakukan interaksi saling mempengaruhi interelasi saling berhubungan interdependensi saling ketergantungan dan interpenetrasi saling menerobos untuk mencapai tujuan tertentu Komponen mengandung arti bagian bagian yang mempunyai fungsi tertentu dalam mencapai tujuan sistem Jika fungsi fungsi tersebut bekerja dalam pencapaian tujuan sistem maka disebut proses Dengan demikian pengertian pendidikan sebagai suatu sistem adalah suatu keseluruhan yang terdiri atas berbagai komponen pendidikan yang fungsional untuk mengembangkan kepribadian manusia seutuhnya
Jumlah Halaman | 178 |
---|---|
Kategori | Buku ajar |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-453-904-7 |
eISBN |