Sinopsis Buku: Buku ini merupakan pedoman bagi guru dalam menerapkan model pembelajaran *Problem-Based Learning (PBL)* pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk siswa SMP kelas VIII. Buku ini disusun berdasarkan kurikulum 2013, dengan penyampaian materi yang disesuaikan dengan model PBL yang berfokus pada pembelajaran berbasis masalah. Penyusunan buku ini bertujuan untuk memberikan panduan yang praktis dan terstruktur bagi guru dalam membimbing dan memfasilitasi siswa agar dapat belajar secara aktif, kritis, dan kreatif melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Materi yang disajikan dirancang secara ringkas, padat, dan jelas, serta dilengkapi dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memudahkan guru dalam mengintegrasikan konsep optik ke dalam konteks pembelajaran yang relevan dan bermakna. Buku ini menjadi pelengkap dari buku berjudul *Alat-Alat Optik* yang sebelumnya telah diterbitkan, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di tingkat SMP.
Model pembelajaran Problem based Learning PBL dapat merangsang peserta didik untuk belajar memecahkan berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari hari melalui lima tahap Buku ini memberikan panduan kepada guru dalam membimbing dan memfasilitasi peserta didik untuk mempelajari materi dan konsep Alat alat Optik baik mandiri maupun kelompok dengan menggunakan model pembelajaran Problem based Learning PBL Buku Pedoman Guru berjudul Alat alat Optik Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL ini disusun sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan guru dalam pembimbingan kepada peserta didik Sekaligus buku ini berfungsi sebagai pelengkap dari Buku Peserta Didik yang sudah ada
| Jumlah Halaman | 54 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2018 |
| ISBN | 978-602-482-320-7 |
| eISBN |