Logo Bacabuku
Buku Aktivitas Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Buku Aktivitas Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Drs. Tjahjanto Pudji Juwono
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dan praktis untuk memahami serta mengelola kebutuhan pendidikan khusus anak-anak yang memiliki gangguan fisik, mental, emosional, atau sosial. Buku ini terbagi menjadi tiga bab utama, yaitu: 1. Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus Bab ini menjelaskan definisi dan klasifikasi anak berkebutuhan khusus, serta menjelaskan berbagai jenis kebutuhan khusus seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, anak autis, anak ADHD, anak lamban belajar, dan anak berkesulitan belajar. Dalam bab ini juga disebutkan bahwa anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki penyimpangan atau kelainan yang memerlukan layanan pendidikan khusus. 2. Mengenal dan Mengidentifikasi Tingkah Laku Anak Berkebutuhan Khusus Bab ini fokus pada mengenali dan mengidentifikasi berbagai tingkah laku anak yang memiliki kebutuhan khusus. Dalam bab ini, penulis menjelaskan secara mendetail karakteristik dan tingkah laku anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, anak autis, anak ADHD, anak lamban belajar, dan anak berkesulitan belajar. Penjelasan ini dirancang untuk membantu guru, orang tua, dan pengasuh dalam memahami dan merespons kebutuhan anak secara tepat. 3. Penanganan Tingkah Laku Anak Berkebutuhan Khusus dengan Mengasah Otak Anak Bab ini membahas pendekatan dan strategi dalam penanganan tingkah laku anak berkebutuhan khusus. Penulis menjelaskan cara-cara efektif dalam memberikan pengajaran dan pendidikan kepada anak-anak dengan berbagai kebutuhan khusus, termasuk penggunaan media pendukung seperti tulisan braille, gambar timbul, benda model, dan perangkat lunak seperti JAWS. Selain itu, bab ini juga menyebutkan pentingnya pendekatan berbasis hukum dalam menilai dan menentukan kelayakan anak dalam memperoleh manfaat hukum yang relevan. Buku ini dirancang untuk menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, orang tua, dan pengasuh anak berkebutuhan khusus, serta memberikan wawasan yang mendalam tentang cara mengidentifikasi, memahami, dan menangani kebutuhan pendidikan khusus anak-anak.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dan praktis untuk memahami serta mengelola kebutuhan pendidikan khusus anak-anak yang memiliki gangguan fisik, mental, emosional, atau sosial. Buku ini terbagi menjadi tiga bab utama, yaitu: 1. Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus Bab ini menjelaskan definisi dan klasifikasi anak berkebutuhan khusus, serta menjelaskan berbagai jenis kebutuhan khusus seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, anak autis, anak ADHD, anak lamban belajar, dan anak berkesulitan belajar. Dalam bab ini juga disebutkan bahwa anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki penyimpangan atau kelainan yang memerlukan layanan pendidikan khusus. 2. Mengenal dan Mengidentifikasi Tingkah Laku Anak Berkebutuhan Khusus Bab ini fokus pada mengenali dan mengidentifikasi berbagai tingkah laku anak yang memiliki kebutuhan khusus. Dalam bab ini, penulis menjelaskan secara mendetail karakteristik dan tingkah laku anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, anak autis, anak ADHD, anak lamban belajar, dan anak berkesulitan belajar. Penjelasan ini dirancang untuk membantu guru, orang tua, dan pengasuh dalam memahami dan merespons kebutuhan anak secara tepat. 3. Penanganan Tingkah Laku Anak Berkebutuhan Khusus dengan Mengasah Otak Anak Bab ini membahas pendekatan dan strategi dalam penanganan tingkah laku anak berkebutuhan khusus. Penulis menjelaskan cara-cara efektif dalam memberikan pengajaran dan pendidikan kepada anak-anak dengan berbagai kebutuhan khusus, termasuk penggunaan media pendukung seperti tulisan braille, gambar timbul, benda model, dan perangkat lunak seperti JAWS. Selain itu, bab ini juga menyebutkan pentingnya pendekatan berbasis hukum dalam menilai dan menentukan kelayakan anak dalam memperoleh manfaat hukum yang relevan. Buku ini dirancang untuk menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, orang tua, dan pengasuh anak berkebutuhan khusus, serta memberikan wawasan yang mendalam tentang cara mengidentifikasi, memahami, dan menangani kebutuhan pendidikan khusus anak-anak.

Detail Buku

Jumlah Halaman 120
Kategori Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Penerbit Millenial Readers (Desa Pustaka Group)
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-602-51197-8-1
eISBN
Buku Aktivitas Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Buku Aktivitas Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Drs. Tjahjanto Pudji Juwono