Sinopsis Buku Ajar Strategi Pembelajaran Matematika Buku ini merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh Dr. Hotmaulina Sihotang, M.Pd., sebagai panduan bagi mahasiswa calon guru matematika di tingkat SMP dan SMA. Buku ini disusun secara sistematis dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, serta dilengkapi dengan latihan-latihan di setiap bab untuk memperkuat pemahaman pembaca. Buku ini berisi 10 bab yang membahas berbagai pendekatan dalam pembelajaran matematika, termasuk Pendekatan Ilmiah, Pendekatan Konstruktivisme, dan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Setiap bab disertai dengan rangkuman dan latihan untuk memudahkan pemahaman dan penerapan konsep. Ditulis dalam konteks program Merdeka Belajar dan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tengah pandemi Covid-19, buku ini menjadi sumber referensi utama bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara virtual. Buku ini diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar mahasiswa, serta mendorong peningkatan kualitas pembelajaran matematika secara berkelanjutan. Buku ini juga dilengkapi dengan ISBN dan informasi penerbit, serta diterbitkan oleh UKI Press sebagai bagian dari rangkaian buku ajar yang diterbitkan oleh Universitas Kristen Indonesia (UKI).
Guru profesional memiliki tugas dan tanggung jawab membuat perencanaan pembelajaran menyiapkan materi pembelajaran melaksanakan pembelajaran dengan metode pembelajaran yang tepat dan melakukan evaluasi pembelajaran Perencanaan pembelajaran dibuat dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran RPP Sesuai dengan kebijakan merdeka belajar RPP yang dibuat memuat komponen utama yakni identitas sekolah kompetensi dasar tujuan pembelajaran kegiatan belajar peserta didik dan penilaian pembelajaran Metode pembelajaran sangat tergantung dari kreativitas guru memilih metode yang tepat jumlah peserta didik dalam satu kelas sarana dan prasarana yang tersedia dan tingkat kesukaran materi yang akan diberikan Hal ini bertujuan agar pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif Tujuan pembelajaran diturunkan dari kompetensi dasar dan indikator yang dikembangkan oleh guru sesuai dengan intake peserta didik sarana dan prasarana sekolah serta tingkat kesukaran materi Tujuannya adalah agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif Artinya tujuan pembelajaran dapat tercapai dan peserta didik dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari
Jumlah Halaman | 294 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | UKI Press |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6963-55-5 |
eISBN | proses |