Guru profesional memiliki tugas dan tanggung jawab membuat perencanaan pembelajaran menyiapkan materi pembelajaran melaksanakan pembelajaran dengan metode pembelajaran yang tepat dan melakukan evaluasi pembelajaran Perencanaan pembelajaran dibuat dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran RPP Sesuai dengan kebijakan merdeka belajar RPP yang dibuat memuat komponen utama yakni identitas sekolah kompetensi dasar tujuan pembelajaran kegiatan belajar peserta didik dan penilaian pembelajaran Metode pembelajaran sangat tergantung dari kreativitas guru memilih metode yang tepat jumlah peserta didik dalam satu kelas sarana dan prasarana yang tersedia dan tingkat kesukaran materi yang akan diberikan Hal ini bertujuan agar pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif Tujuan pembelajaran diturunkan dari kompetensi dasar dan indikator yang dikembangkan oleh guru sesuai dengan intake peserta didik sarana dan prasarana sekolah serta tingkat kesukaran materi Tujuannya adalah agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif Artinya tujuan pembelajaran dapat tercapai dan peserta didik dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari Guru profesional memiliki tugas dan tanggung jawab membuat perencanaan pembelajaran menyiapkan materi pembelajaran melaksanakan pembelajaran dengan metode pembelajaran yang tepat dan melakukan evaluasi pembelajaran Perencanaan pembelajaran dibuat dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran RPP Sesuai dengan kebijakan merdeka belajar RPP yang dibuat memuat komponen utama yakni identitas sekolah kompetensi ...dasar tujuan pembelajaran kegiatan belajar peserta didik dan penilaian pembelajaran Metode pembelajaran sangat tergantung dari kreativitas guru memilih metode yang tepat jumlah peserta didik dalam satu kelas sarana dan prasarana yang tersedia dan tingkat kesukaran materi yang akan diberikan Hal ini bertujuan agar pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif Tujuan pembelajaran diturunkan dari kompetensi dasar dan indikator yang dikembangkan oleh guru sesuai dengan intake peserta didik sarana dan prasarana sekolah serta tingkat kesukaran materi Tujuannya adalah agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif Artinya tujuan pembelajaran dapat tercapai dan peserta didik dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari