I PENDAHULUAN A Latar Belakang Dewasa ini setiap satuan pendidikan secara bertahap harus melaksanakan pengelolaan penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 19 tentang Standar Nasional Pendidikan SNP SNP adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia PP No 19 ini memberikan arahan tentang delapan standar nasional pendidikan yang meliputi a standar isi b standar proses c standar kompetensi lulusan d standar pendidik dan tenaga kependidikan e standar sarana dan prasarana f standar pengelolaan g standar pembiayaan dan h standar penilaian pendidikan Penjabaran standar standar pendidikan tersebut diatur dalam sejumlah peraturan pemerintah Khusus mengenai standar isi dalam PP 19 tahun 2005 pasal 16 ayat 1 dinyatakan bahwa penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah berpedoman pada panduan yang disusun oleh BSNP Badan Standar Nasional Pendidikan Dalam dokumen yang disusun oleh BSNP standar isi mencakup hal hal berikut 1 Kerangka dasar dan struktur kurikulum yang merupakan pedoman dalam penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan 2 Beban belajar bagi peserta didik pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah 3 Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang akan dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan panduan penyusunan kurikulum sebagai bagian tidak terpisahkan dari standar isi 4 Kalender pendidikan untuk penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah Dalam kerangka dasar dan struktur kurikulum khusus mengenai struktur kurikulum SD MI salah satunya ditentukan bahwa pembelajaran pada kelas I sampai III dilaksanakan melalui pendekatan tematik sedangkan pada kelas IV s d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran Bagi guru SD yang mengajar di kelas I sampai III dalam melaksanakan pembelajarannya mengacu pada ketentuan yang dicantumkan dalam kerangka kurikulum yang dinyatakan bahwa pembelajaran pada kelas I sampai III dilaksanakan melalui pendekatan tematik Pendekatan tematik ini merupakan salah satu pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan kurikulum terpadu Pendekatan tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan tema sebagai isu sentral pembelajaran yang di dalamnya tercakup beberapa mata pelajaran yang dipadukan Namun saat ini setelah dikeluarkannya kurikulum 2013 setelah sebelumnya Pemerintah menerapkan kurikulum pendidikan di Indonesia sebelumnya Kurikulum Berbasis Kompetensi KBK yang disempurnakan lagi dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP yang keduanya menerapkan kompetensi dimana bentukan pembelajaran tematik masih ada pada tataran kelas I II dan III 1I PENDAHULUAN A Latar Belakang Dewasa ini setiap satuan pendidikan secara bertahap harus melaksanakan pengelolaan penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 19 tentang Standar Nasional Pendidikan SNP SNP adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia PP No 19 ini memberikan arahan tentang delapan ...standar nasional pendidikan yang meliputi a standar isi b standar proses c standar kompetensi lulusan d standar pendidik dan tenaga kependidikan e standar sarana dan prasarana f standar pengelolaan g standar pembiayaan dan h standar penilaian pendidikan Penjabaran standar standar pendidikan tersebut diatur dalam sejumlah peraturan pemerintah Khusus mengenai standar isi dalam PP 19 tahun 2005 pasal 16 ayat 1 dinyatakan bahwa penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah berpedoman pada panduan yang disusun oleh BSNP Badan Standar Nasional Pendidikan Dalam dokumen yang disusun oleh BSNP standar isi mencakup hal hal berikut 1 Kerangka dasar dan struktur kurikulum yang merupakan pedoman dalam penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan 2 Beban belajar bagi peserta didik pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah 3 Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang akan dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan panduan penyusunan kurikulum sebagai bagian tidak terpisahkan dari standar isi 4 Kalender pendidikan untuk penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah Dalam kerangka dasar dan struktur kurikulum khusus mengenai struktur kurikulum SD MI salah satunya ditentukan bahwa pembelajaran pada kelas I sampai III dilaksanakan melalui pendekatan tematik sedangkan pada kelas IV s d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran Bagi guru SD yang mengajar di kelas I sampai III dalam melaksanakan pembelajarannya mengacu pada ketentuan yang dicantumkan dalam kerangka kurikulum yang dinyatakan bahwa pembelajaran pada kelas I sampai III dilaksanakan melalui pendekatan tematik Pendekatan tematik ini merupakan salah satu pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan kurikulum terpadu Pendekatan tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan tema sebagai isu sentral pembelajaran yang di dalamnya tercakup beberapa mata pelajaran yang dipadukan Namun saat ini setelah dikeluarkannya kurikulum 2013 setelah sebelumnya Pemerintah menerapkan kurikulum pendidikan di Indonesia sebelumnya Kurikulum Berbasis Kompetensi KBK yang disempurnakan lagi dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP yang keduanya menerapkan kompetensi dimana bentukan pembelajaran tematik masih ada pada tataran kelas I II dan III 1