Ilmu Pendidikan merupakan salah satu pohon keilmuan dari Rumpun Ilmu Pengetahuan danTeknologi Terapan UU No 12 2012 psl 10 memiliki kajian keilmuan berdimensi ontology dan memiliki kajian implementatif berdimensi aksiologi Secara silih berganti dalam interaksi asosiatifnya kedua dimensi itu member peluang pengembangan ilmu pendidikan secara keilmuan dan juga secara implementatif sehingga epestimologi keilmuannya terbentuk dan berkembang Ilmu Pendidikan dari dimensi keilmuan dan implementatif dalam kazanah ilmu pendidikan sering disebut dengan Ilmu Pendidikan Teoretis yang selanjutnya berkembang menjadi Makro Pedagogik yang menaungi kazanah ilmu pendidikan dan Ilmu Pendidikan Praktis yang selanjutnya berkembang menjadi Mikro Pedagogik yang menaungi dasar dasar aplikasi praktik pendidikan Langeveld 1980 member sebutan Pedagogi untuk ilmu pendidikan teoretis dan pedagogic untuk pendidikan praktis Namun pada hakikatnya istilah pedagogik yang berasal dari kataYunaniIlmu Pendidikan merupakan salah satu pohon keilmuan dari Rumpun Ilmu Pengetahuan danTeknologi Terapan UU No 12 2012 psl 10 memiliki kajian keilmuan berdimensi ontology dan memiliki kajian implementatif berdimensi aksiologi Secara silih berganti dalam interaksi asosiatifnya kedua dimensi itu member peluang pengembangan ilmu pendidikan secara keilmuan dan juga secara implementatif sehingga ...epestimologi keilmuannya terbentuk dan berkembang Ilmu Pendidikan dari dimensi keilmuan dan implementatif dalam kazanah ilmu pendidikan sering disebut dengan Ilmu Pendidikan Teoretis yang selanjutnya berkembang menjadi Makro Pedagogik yang menaungi kazanah ilmu pendidikan dan Ilmu Pendidikan Praktis yang selanjutnya berkembang menjadi Mikro Pedagogik yang menaungi dasar dasar aplikasi praktik pendidikan Langeveld 1980 member sebutan Pedagogi untuk ilmu pendidikan teoretis dan pedagogic untuk pendidikan praktis Namun pada hakikatnya istilah pedagogik yang berasal dari kataYunani