Materi yang akan dipelajari pada SMA MA sederajat tingkat dasar meliputi teks laporan hasil observasi teks eksposisi teks anekdot cerita rakyat teks negosiasi teks debat teks biografi puisi dan teks buku fiksi dan nonfiksi Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dalam buku ini dikembangkan secara kreatif dengan metode belajar berbasis masalah problem based learning dan belajar berbasis tugas project based learning task learning Proses pengembangan kompetensi peserta didik yang dirancang dalam buku ini dimulai dari pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok Hal ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik melalui diskusi selain itu agar membuat peserta didik tertarik untuk mempelajari materi yang sedang mereka pelajari lebih dalam Kemudian secara individu hal ini merupakan cara untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik mengenai materi yang telah mereka pelajari Materi yang akan dipelajari pada SMA MA sederajat tingkat dasar meliputi teks laporan hasil observasi teks eksposisi teks anekdot cerita rakyat teks negosiasi teks debat teks biografi puisi dan teks buku fiksi dan nonfiksi Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dalam buku ini dikembangkan secara kreatif dengan metode belajar berbasis masalah problem based ...learning dan belajar berbasis tugas project based learning task learning Proses pengembangan kompetensi peserta didik yang dirancang dalam buku ini dimulai dari pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok Hal ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik melalui diskusi selain itu agar membuat peserta didik tertarik untuk mempelajari materi yang sedang mereka pelajari lebih dalam Kemudian secara individu hal ini merupakan cara untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik mengenai materi yang telah mereka pelajari