Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya membangun *branded school* sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat citra lembaga pendidikan dalam masyarakat. *Branded school* dijelaskan sebagai upaya menciptakan identitas yang kuat dan konsisten, sehingga masyarakat dapat mengenali dan menghargai sekolah sebagai institusi pendidikan yang berkualitas. Selain itu, buku ini juga menekankan pentingnya standar nasional pendidikan yang disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Dalam konteks pembelajaran, buku ini menjelaskan bahwa kualitas pembelajaran merupakan salah satu aspek penilaian kualitas sekolah. Proses pembelajaran dianggap sebagai proses vital dalam mencerdaskan kehidupan manusia, yang memungkinkan guru untuk mengarahkan siswa menemukan pengetahuan, mengembangkan sikap positif, serta melatih potensi psikomotorik. Kualitas pembelajaran sangat bergantung pada kreativitas guru, yang mampu merancang pembelajaran yang menarik namun tetap mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Buku ini juga membahas perencanaan pembelajaran sebagai kegiatan merancang proses belajar mengajar untuk mengembangkan situasi belajar dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Perencanaan yang matang adalah kunci untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran. Robert H. Davis mengidentifikasi lima tipe permasalahan pembelajaran yang memerlukan perencanaan pembelajaran yang matang, termasuk tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, serta batasan dalam sumber pembelajaran. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis peningkatan mutu, buku ini memberikan panduan praktis bagi sekolah dalam membangun identitas yang kuat, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya membangun *branded school* sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat citra lembaga pendidikan dalam masyarakat. *Branded school* dijelaskan sebagai upaya menciptakan identitas yang kuat dan konsisten, sehingga masyarakat dapat mengenali dan menghargai sekolah sebagai institusi pendidikan yang berkualitas. Selain itu, buku ini juga menekankan pentingnya standar nasional pendidikan yang disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Dalam konteks pembelajaran, buku ini menjelaskan bahwa kualitas pembelajaran merupakan salah satu aspek penilaian kualitas sekolah. Proses pembelajaran dianggap sebagai proses vital dalam mencerdaskan kehidupan manusia, yang memungkinkan guru untuk mengarahkan siswa menemukan pengetahuan, mengembangkan sikap positif, serta melatih potensi psikomotorik. Kualitas pembelajaran sangat bergantung pada kreativitas guru, yang mampu merancang pembelajaran yang menarik namun tetap mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Buku ini juga membahas perencanaan pembelajaran sebagai kegiatan merancang proses belajar mengajar untuk mengembangkan situasi belajar dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Perencanaan yang matang adalah kunci untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran. Robert H. Davis mengidentifikasi lima tipe permasalahan pembelajaran yang memerlukan perencanaan pembelajaran yang matang, termasuk tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, serta batasan dalam sumber pembelajaran. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis peningkatan mutu, buku ini memberikan panduan praktis bagi sekolah dalam membangun identitas yang kuat, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan.
Jumlah Halaman | 0 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Ar-Ruzz |
Tahun Terbit | 2013 |
ISBN | 978-602-7879-16-9 |
eISBN | 978-602-313-129-7 |