Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan penerapan *Blended Learning* sebagai strategi pembelajaran yang menggabungkan metode pembelajaran konvensional dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dalam abad 21 yang semakin digital, pendidikan harus beradaptasi dengan perubahan karakter siswa yang semakin akrab dengan dunia maya. *Blended Learning* menjadi solusi yang relevan untuk meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar, sekaligus memperkaya pengalaman belajar peserta didik. Buku ini menyajikan berbagai platform dan alat digital yang dapat digunakan dalam pembelajaran, seperti Google Classroom, Edmodo, Web/Video Conference, Twitter, dan Facebook. Selain itu, buku ini juga melengkapi dengan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis *Blended Learning*, seperti *Station-Rotation Model* dan *Flex Model*, yang dapat dijadikan referensi oleh guru di tingkat SD, SMP, SMA/SMK, hingga perguruan tinggi. Dengan penjelasan yang jelas dan praktis, buku ini bertujuan untuk membantu para pendidik dalam merancang dan menerapkan pembelajaran yang lebih inovatif, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan generasi milenial. Buku ini juga mengupas pentingnya menulis sebagai bentuk bukti hasil belajar, yang merupakan bagian dari budaya literasi yang diperkuat oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui Gerakan Literasi Sekolah.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK berkembang sangat pesat saat ini Indonesia termasuk lima negara terbanyak penduduknya yang mengakses internet melalui mobile phone Sebanyak 30 pengguna internet di Indonesia adalah remaja Generasi muda abad 21 dikenal sebagai Generasi Z yaitu generasi yang sangat fasih berkomunikasi dengan dunia digital Oleh karena itu guru harus melaksanakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa tersebut Buku ini berisi tentang salah satu strategi pembelajaran yaitu Blended Learning Blended Learning merupakan strategi pembelajaran yang memadukan mengintegrasikan kegiatan pembelajaran yang biasa dilakukan di dalam kelas dengan TIK Buku ini pun mengupas berbagai aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran serta diberikan contoh contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Blended Learning Sangat tepat digunakan oleh para guru di tingkat SD SMP SMA SMK maupun para dosen di PT
| Jumlah Halaman | 52 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2019 |
| ISBN | 978-602-50423-2-4 |
| eISBN |