Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang konsep-konsep dasar bisnis dan perencanaan bisnis baru, dengan fokus pada pengembangan usaha yang inovatif dan berkelanjutan. Buku ini terutama ditujukan bagi para mahasiswa, pelaku usaha, dan calon pengusaha yang ingin memulai atau mengembangkan usaha mereka. Dalam buku ini, dibahas berbagai aspek penting dalam dunia bisnis, termasuk definisi dan evolusi bisnis, sistem ekonomi, siklus perekonomian pasar, kewirausahaan, usaha kecil, potensi bisnis, strategi pemasaran, serta manajemen keuangan dan investasi. Selain itu, buku ini juga menyertakan penjelasan mengenai perlindungan hak cipta, termasuk fungsi dan sifat hak cipta, pembatasan pelindungan hak cipta, serta sanksi pelanggaran hak cipta yang diatur dalam Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Penjelasan ini sangat relevan bagi pelaku usaha yang ingin memastikan bahwa produk atau karya mereka dilindungi secara hukum, terutama dalam konteks pengembangan produk yang berbasis bahan alam seperti bawang Dayak, yang merupakan tanaman obat endemik Kalimantan. Buku ini juga menjelaskan secara rinci tentang usaha kue kering berbasis bawang Dayak, yang diberi nama “3PNR DAYAK ONION COOKIES”. Buku ini berisi rencana bisnis yang komprehensif, mulai dari identifikasi potensi bisnis, segmentasi pasar, targeting, positioning, hingga strategi bauran pemasaran. Penulis juga membahas aspek-aspek manajemen keuangan dan investasi yang diperlukan untuk membangun dan menjalankan usaha secara berkelanjutan. Dengan penjelasan yang jelas, terstruktur, dan berbasis fakta, buku ini menjadi panduan yang sangat bermanfaat bagi siapa pun yang ingin memulai atau mengembangkan bisnis, terutama dalam bidang usaha yang berbasis produk unik dan berpotensi tinggi seperti produk kue kering berbasis bawang Dayak.
Bisnis adalah keseluruhan rangkaian kegiatan menjalankan investasi terhadap sumber daya yang ada yang dapat dilakukan baik secara individu maupun secara kelompok untuk memenuhi kebutuhan seharihari dan meningkatkan taraf hidup dengan menciptakan barang a
Jumlah Halaman | 214 |
---|---|
Kategori | Ekonomi |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-0485-2 |
eISBN | 978-623-02-0599-6 |