Birokrasi memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam pencapaian tujuan organisasi maupun negara Keberhasilan ataupun kegagalan dalam mencapai tujuan bisa jadi salah satunya dikarenakan peran Untuk berhasil tentu birokrasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya senantiasa berlandaskan profesional dan netral Ironisnya birokrasi di Indonesia disebut sebut tidak profesional dan tidak netral sehingga belum sesuai dengan ekspektasi masyarakat Indonesia Pada dasarnya birokrasi di negara berkembang seperti Indonesia selalu dihadapkan kepada berbagai tantangan yang lebih banyak dipengaruhi oleh perubahan lingkungan strategis yang cepat serta dipicu oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan teknologi komunikasi serta informasi yang berimplikasi kepada orientasi dan kinerja birokrasi yang dituntut untuk lebih profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Peningkatan pelayanan bagi masyarakat merupakan tujuan dari terselenggaranya good governance dalam birokrasi pemerintahan yang efektif Good governance sering diartikan sebagai tata pemerintahan yang baik World Bank mendefinisikan good governance sebagai sebuah penyelenggaraan manajemen pembangunan yang solid dan bertanggung jawab yang sejalan dengan prinsip demokrasi dan pasar yang efisien penghindaran salah satu alokasi dana investasi dan pencegahan korupsi baik secara politik maupun administrasi menjalankan disiplin anggaran serta penciptaan legal dan political framework bagi tubuhnya aktivitas usaha Adapun menurut United Nations Development Program UNDP mendefinisikan good governance sebagai praktik diterapkannya kewenangan pengelolaan berbagai urusan penyelenggara negara secara politik ekonomi dan administratif di semua tingkatan Kunci utama memahami good governance adalah pemahaman atas prinsip prinsip di dalamnya Bertolak dari prinsip prinsip ini akan didapatkan tolok ukur kinerja suatu pemerintahan Baik buruknya pemerintahan bisa dinilai bila ia telah bersinggungan dengan semua unsur prinsip prinsip good governance Buku yang sudah ditunggu banyak pembaca ini menganalisis dengan tajam dan holistik terkait birokrasi dan good governance Peranan birokrasi dalam suatu negara sangat tergantung pada bermacam macam faktor Selain faktor ideologi politik ekonomi dan sosial budaya ternyata teknologi suatu negara juga mempunyai peranan yang penting dalam mewarnai ciri atau peran birokrasi demikian juga tokoh tokoh atau pengusaha yang memegang tumpuk pemerintahan mempunyai pengaruh yang sangat menentukan Birokrasi memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam pencapaian tujuan organisasi maupun negara Keberhasilan ataupun kegagalan dalam mencapai tujuan bisa jadi salah satunya dikarenakan peran Untuk berhasil tentu birokrasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya senantiasa berlandaskan profesional dan netral Ironisnya birokrasi di Indonesia disebut sebut tidak profesional dan tidak netral ...sehingga belum sesuai dengan ekspektasi masyarakat Indonesia Pada dasarnya birokrasi di negara berkembang seperti Indonesia selalu dihadapkan kepada berbagai tantangan yang lebih banyak dipengaruhi oleh perubahan lingkungan strategis yang cepat serta dipicu oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan teknologi komunikasi serta informasi yang berimplikasi kepada orientasi dan kinerja birokrasi yang dituntut untuk lebih profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Peningkatan pelayanan bagi masyarakat merupakan tujuan dari terselenggaranya good governance dalam birokrasi pemerintahan yang efektif Good governance sering diartikan sebagai tata pemerintahan yang baik World Bank mendefinisikan good governance sebagai sebuah penyelenggaraan manajemen pembangunan yang solid dan bertanggung jawab yang sejalan dengan prinsip demokrasi dan pasar yang efisien penghindaran salah satu alokasi dana investasi dan pencegahan korupsi baik secara politik maupun administrasi menjalankan disiplin anggaran serta penciptaan legal dan political framework bagi tubuhnya aktivitas usaha Adapun menurut United Nations Development Program UNDP mendefinisikan good governance sebagai praktik diterapkannya kewenangan pengelolaan berbagai urusan penyelenggara negara secara politik ekonomi dan administratif di semua tingkatan Kunci utama memahami good governance adalah pemahaman atas prinsip prinsip di dalamnya Bertolak dari prinsip prinsip ini akan didapatkan tolok ukur kinerja suatu pemerintahan Baik buruknya pemerintahan bisa dinilai bila ia telah bersinggungan dengan semua unsur prinsip prinsip good governance Buku yang sudah ditunggu banyak pembaca ini menganalisis dengan tajam dan holistik terkait birokrasi dan good governance Peranan birokrasi dalam suatu negara sangat tergantung pada bermacam macam faktor Selain faktor ideologi politik ekonomi dan sosial budaya ternyata teknologi suatu negara juga mempunyai peranan yang penting dalam mewarnai ciri atau peran birokrasi demikian juga tokoh tokoh atau pengusaha yang memegang tumpuk pemerintahan mempunyai pengaruh yang sangat menentukan