C Perkembangan Emosi dan Sosial D Perkembangan Moral BAB IV PERAN ORANGTUA DAN GURU PAUD DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DINI 83 87 89 A Memberikan Pemahaman Positif pada Diri Anak Usia Dini 91 B Mendidik Anak Usia Dini Terbiasa Rapih 94 C Memberikan Permainan yang Dapat Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini 98 D Memberi Anak Usia Dini Pilihan Sesuai dengan Minatnya 101 E Membiasakan Anak Usia Dini Berperilaku Sesuai dengan Tata Krama 103 F Memotivasi Anak Usia Dini Supaya Tidak Malas Malasan 106 BAB V PERAN ORANGTUA DAN GURU PAUD DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI A B C D E 109 110 113 115 118 Konsisten dalam Menerapkan Peraturan Memberikan Hukuman yang Sesuai Memberi Penghargaan Membatasi Mengkritik Anak Usia Dini Menanamkan Nilai Nilai Kebaikan Sesering Mungkin 119 DAFTAR PUSTAKA 121 INDEKS 127 BIOGRAFI PENULIS 129 10C Perkembangan Emosi dan Sosial D Perkembangan Moral BAB IV PERAN ORANGTUA DAN GURU PAUD DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DINI ... 83 87 89 A Memberikan Pemahaman Positif pada Diri Anak Usia Dini 91 B Mendidik Anak Usia Dini Terbiasa Rapih 94 C Memberikan Permainan yang Dapat Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini 98 D Memberi Anak Usia Dini Pilihan Sesuai dengan Minatnya 101 E Membiasakan Anak Usia Dini Berperilaku Sesuai dengan Tata Krama 103 F Memotivasi Anak Usia Dini Supaya Tidak Malas Malasan 106 BAB V PERAN ORANGTUA DAN GURU PAUD DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI A B C D E 109 110 113 115 118 Konsisten dalam Menerapkan Peraturan Memberikan Hukuman yang Sesuai Memberi Penghargaan Membatasi Mengkritik Anak Usia Dini Menanamkan Nilai Nilai Kebaikan Sesering Mungkin 119 DAFTAR PUSTAKA 121 INDEKS 127 BIOGRAFI PENULIS 129 10