Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya bimbingan dan konseling di sekolah dasar sebagai bagian integral dari upaya pengembangan potensi dan minat siswa. Dalam konteks pendidikan dasar, peran guru kelas sangat krusial karena mereka tidak hanya bertugas mengajar, tetapi juga memberikan layanan bimbingan dan konseling secara menyeluruh kepada seluruh siswa. Buku ini dirancang untuk menjadi panduan bagi calon guru, guru sekolah dasar, mahasiswa, dan dosen dalam memahami dan menerapkan pendekatan bimbingan dan konseling yang efektif. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang membahas berbagai aspek terkait bimbingan dan konseling, mulai dari hakikat dan urgensi bimbingan dan konseling di sekolah dasar, peran guru sebagai pembimbing, paradigma, visi, dan misi bimbingan dan konseling, hingga pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks. Selain itu, buku ini juga membahas pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk perkembangan bahasa dan pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa anak. Pendekatan yang digunakan dalam buku ini adalah pendekatan imajinatif, yang bertujuan untuk menghubungkan imajinasi siswa dengan ilmu pengetahuan, sehingga memfasilitasi proses belajar yang lebih menarik dan bermakna. Buku ini juga menjelaskan tentang tantangan yang dihadapi guru kelas dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling, serta bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut agar bimbingan dan konseling dapat berdampak positif dalam pengembangan diri siswa. Dengan pendekatan yang komprehensif dan praktis, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan.
Seiring dunia pendidikan yang kian berkembang sehingga tidak dapat dimungkiri pula berbagai tantangan zaman semakin merajai sehingga mau tidak mau para pakar dari berbagai kalangan ikut nimbrung di dalamnya dalam menyelesaikan segala bentuk masalah akan dihadapi lebih lebih pada jenjang pendidikan sekolah dasar SD Kalau menilik ke tingkat satuan sekolah dasar tentu masalah yang paling banyak muncul sejak mulai menginjak bangku sekolah Jadi sangatlah penting di sekolah dasar diberikan bimbingan guna menanggulangi dan mengurangi kemungkinan kendala kendala yang akan terjadi atau bahkan sedang terjadi Dalam kegiatan pembelajaran tentu kendala kendala tersebut perlu cara untuk mengatasi guna melancarkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan sehari hari Kalau boleh dikatakan salah satu penyebab seorang guru gagal dalam menjalankan tugas mengajar di depan kelas adalah kedangkalan pengetahuan terhadap pemahaman peserta didik sehingga setiap tindakan pembelajaran yang diprogramkan tidak sesuai dengan yang diharapkan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Suatu Pendekatan Imajinatif ialah salah satu bentuk tawaran pengajaran dan pembelajaran agar terfokus pada akuisisi alat alat kognisi utama yang menghubUngkan imajinasi siswa dengan ilmu pengetahuan dalam kurikulum pada satu sisi dan meningkatkan kekuatan otak mereka secara umum Merupakan disiplin ilmu yang akan membantu para guru kelas selaku guru pembimbing di sekolah dasar dalam memahami mengetahui serta menganalisis kemungkinan terjadi kesalahan dalam diri anak yang berdampak pada proses belajar