Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang Bimbingan Kelompok Agentik sebagai Model Penyelenggaraan Peningkatan Perilaku Prososial Siswa, khususnya siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Buku ini berlandaskan pada teori kognitif sosial dan konsep agensi diri, yang menjelaskan bagaimana siswa dapat mengembangkan perilaku prososial—yaitu perilaku yang menguntungkan diri sendiri maupun orang lain—dalam lingkungan sosial yang dinamis dan kompleks. Dalam buku ini, penulis menjelaskan konsep perilaku prososial, jenis-jenisnya, serta faktor-faktor yang memengaruhi perilaku tersebut. Selanjutnya, buku ini juga membahas konsep agensi diri dan bagaimana konsep ini berperan dalam perubahan perilaku individu. Selain itu, buku ini menyajikan konsep bimbingan kelompok agentik, termasuk landasan teoretis, komponen penyelenggaraan, serta rancangan model bimbingan kelompok agentik yang dapat diterapkan dalam pelayanan bimbingan konseling (BK). Buku ini dilengkapi dengan langkah-langkah praktis dalam mengembangkan model bimbingan kelompok agentik, mulai dari analisis dimensi yang dibutuhkan, merancang desain prototipe, hingga pengembangan hasil desain prototipe. Hasil akhir produk yang diperoleh dari model ini dirancang untuk mendukung peningkatan perilaku prososial siswa, yang berdampak positif terhadap perkembangan diri, penyesuaian sosial, serta kesehatan psikologis siswa SMP. Buku ini sangat relevan bagi konselor, mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling, para peneliti, serta orang tua yang ingin memahami lebih dalam tentang konsep dan prosedur pengembangan perilaku prososial siswa.
Buku ini secara khusus layak untuk dijadikan buku referensi bagi konselor dan mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling maupun para peneliti yang tertarik dengan penelitian untuk tujuan tujuan pengembangan potensi perkembangan perilaku prososial maupun perilaku positif siswa lainnya dan reduksi perkembangan negatif siswa melalui pelayanan BK Secara umum buku ini dapat dibaca para orang tua dan khalayak umum untuk menambah pengetahuan khususnya terkait dengan konsep dan prosedur pengembangan perilaku prososial remaja Kritik dan saran selalu penulis tampung demi perbaikan buku ini
Jumlah Halaman | 158 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-175-0 |
eISBN | proses |