Sinopsis Buku: Buku ini memberikan panduan komprehensif tentang teknik layanan bimbingan dan konseling yang berwawasan Islam serta multikultural. Buku ini ditulis oleh Dr. Saliyo, S.Ag., M.Si. dan Farida, M.Si., yang merupakan para ahli dalam bidang psikologi konseling dan pendidikan. Buku ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, praktisi konseling, serta ilmuwan yang ingin memperluas pengetahuan dan wawasan tentang bimbingan dan konseling dalam konteks yang lebih luas, yakni berdasarkan nilai-nilai Islam dan keberagaman budaya. Buku ini menggambarkan perkembangan sejarah ilmu bimbingan dan konseling, mulai dari awal munculnya aliran psikodinamika, behaviorisme, humanisme, hingga pendekatan multikultural. Selain itu, buku ini juga membahas peran bimbingan dan konseling dalam konteks pendidikan di Indonesia, termasuk sejarah pembentukan disiplin ini sejak tahun 1962 hingga penerapan dalam kurikulum pendidikan pada tahun 1975, 1984, dan 1994. Dalam penyusunan buku ini, penulis berupaya menyajikan konsep-konsep bimbingan dan konseling secara sistematis dan terstruktur, dengan memperhatikan konteks budaya dan agama dalam layanan yang diberikan. Buku ini juga menyajikan berbagai teknik layanan bimbingan dan konseling yang relevan dengan tantangan kehidupan modern, serta memberikan wawasan tentang pentingnya pendekatan multikultural dalam membangun hubungan yang harmonis dan inklusif. Dengan penjelasan yang jelas dan penulis yang berkompeten, buku ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pembaca, baik dalam konteks akademik maupun praktis.
Sinopsis Buku: Buku ini memberikan panduan komprehensif tentang teknik layanan bimbingan dan konseling yang berwawasan Islam serta multikultural. Buku ini ditulis oleh Dr. Saliyo, S.Ag., M.Si. dan Farida, M.Si., yang merupakan para ahli dalam bidang psikologi konseling dan pendidikan. Buku ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, praktisi konseling, serta ilmuwan yang ingin memperluas pengetahuan dan wawasan tentang bimbingan dan konseling dalam konteks yang lebih luas, yakni berdasarkan nilai-nilai Islam dan keberagaman budaya. Buku ini menggambarkan perkembangan sejarah ilmu bimbingan dan konseling, mulai dari awal munculnya aliran psikodinamika, behaviorisme, humanisme, hingga pendekatan multikultural. Selain itu, buku ini juga membahas peran bimbingan dan konseling dalam konteks pendidikan di Indonesia, termasuk sejarah pembentukan disiplin ini sejak tahun 1962 hingga penerapan dalam kurikulum pendidikan pada tahun 1975, 1984, dan 1994. Dalam penyusunan buku ini, penulis berupaya menyajikan konsep-konsep bimbingan dan konseling secara sistematis dan terstruktur, dengan memperhatikan konteks budaya dan agama dalam layanan yang diberikan. Buku ini juga menyajikan berbagai teknik layanan bimbingan dan konseling yang relevan dengan tantangan kehidupan modern, serta memberikan wawasan tentang pentingnya pendekatan multikultural dalam membangun hubungan yang harmonis dan inklusif. Dengan penjelasan yang jelas dan penulis yang berkompeten, buku ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pembaca, baik dalam konteks akademik maupun praktis.
Jumlah Halaman | 212 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Madani |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-0899-75-6 |
eISBN |