Logo Bacabuku
Bimbingan dan Konseling untuk Studi Kasus Siswa di Sekolah (Panduan Teori dan Praktis bagi Guru/Konselor SMP)

Bimbingan dan Konseling untuk Studi Kasus Siswa di Sekolah (Panduan Teori dan Praktis bagi Guru/Konselor SMP)

Dra Jamila, MPd, M Fauzi Hasibuan, SPd, MPd dan Sri Ngayomi Yudha Wastuti, SPSi, MPSi
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini memberikan panduan teori dan praktis bagi guru dan konselor di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam mengelola studi kasus siswa. Buku ini membahas konsep studi kasus secara mendalam, termasuk pengertian, tujuan, manfaat, sasaran, dan ciri-ciri studi kasus yang relevan dalam konteks pendidikan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai metode untuk mendapatkan data dalam studi kasus, seperti observasi dan anamnesa (wawancara mendalam), serta teknik pengumpulan data lainnya. Buku ini juga memperkenalkan pendekatan Gestalt dalam bimbingan dan konseling, yang merupakan metode yang bertujuan untuk membantu siswa mengenali dan memahami masalah-masalah yang dihadapinya secara holistik. Pendekatan ini dibahas mulai dari asumsi tingkah laku bermasalah, model-model pendekatan, hingga teknik-teknik yang digunakan dalam praktiknya. Selain itu, buku ini juga menjelaskan kelebihan dan kelemahan dari pendekatan Gestalt. Dengan berbagai topik yang disajikan secara terstruktur dan komprehensif, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat berguna bagi para guru dan konselor dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan studi kasus dan memberikan bimbingan serta konseling yang efektif kepada siswa. Buku ini juga dilengkapi dengan informasi tentang penulis, editor, dan penerbit, serta data penerbitan yang terkini.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini memberikan panduan teori dan praktis bagi guru dan konselor di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam mengelola studi kasus siswa. Buku ini membahas konsep studi kasus secara mendalam, termasuk pengertian, tujuan, manfaat, sasaran, dan ciri-ciri studi kasus yang relevan dalam konteks pendidikan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai metode untuk mendapatkan data dalam studi kasus, seperti observasi dan anamnesa (wawancara mendalam), serta teknik pengumpulan data lainnya. Buku ini juga memperkenalkan pendekatan Gestalt dalam bimbingan dan konseling, yang merupakan metode yang bertujuan untuk membantu siswa mengenali dan memahami masalah-masalah yang dihadapinya secara holistik. Pendekatan ini dibahas mulai dari asumsi tingkah laku bermasalah, model-model pendekatan, hingga teknik-teknik yang digunakan dalam praktiknya. Selain itu, buku ini juga menjelaskan kelebihan dan kelemahan dari pendekatan Gestalt. Dengan berbagai topik yang disajikan secara terstruktur dan komprehensif, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat berguna bagi para guru dan konselor dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan studi kasus dan memberikan bimbingan serta konseling yang efektif kepada siswa. Buku ini juga dilengkapi dengan informasi tentang penulis, editor, dan penerbit, serta data penerbitan yang terkini.

Detail Buku

Jumlah Halaman 164
Kategori Psikologi
Penerbit UMSU Press
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-623-6888-14-8
eISBN 978-623-6888-15-5
Bimbingan dan Konseling untuk Studi Kasus Siswa di Sekolah (Panduan Teori dan Praktis bagi Guru/Konselor SMP)

Bimbingan dan Konseling untuk Studi Kasus Siswa di Sekolah (Panduan Teori dan Praktis bagi Guru/Konselor SMP)

Dra Jamila, MPd, M Fauzi Hasibuan, SPd, MPd dan Sri Ngayomi Yudha Wastuti, SPSi, MPSi