Sinopsis Buku: Buku ini memberikan panduan teori dan praktis bagi guru dan konselor di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam mengelola studi kasus siswa. Buku ini membahas konsep studi kasus secara mendalam, termasuk pengertian, tujuan, manfaat, sasaran, dan ciri-ciri studi kasus yang relevan dalam konteks pendidikan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai metode untuk mendapatkan data dalam studi kasus, seperti observasi dan anamnesa (wawancara mendalam), serta teknik pengumpulan data lainnya. Buku ini juga memperkenalkan pendekatan Gestalt dalam bimbingan dan konseling, yang merupakan metode yang bertujuan untuk membantu siswa mengenali dan memahami masalah-masalah yang dihadapinya secara holistik. Pendekatan ini dibahas mulai dari asumsi tingkah laku bermasalah, model-model pendekatan, hingga teknik-teknik yang digunakan dalam praktiknya. Selain itu, buku ini juga menjelaskan kelebihan dan kelemahan dari pendekatan Gestalt. Dengan berbagai topik yang disajikan secara terstruktur dan komprehensif, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat berguna bagi para guru dan konselor dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan studi kasus dan memberikan bimbingan serta konseling yang efektif kepada siswa. Buku ini juga dilengkapi dengan informasi tentang penulis, editor, dan penerbit, serta data penerbitan yang terkini.
E Teknik Pendekatan Psikoanalisis 148 F Proses konseling psikoanalisis 149 BAB VIll 151 PENDEKATAN TERAPI BERPUSAT PADA KLIEN 151 Client Centered Therapy 151 A Pengantar 151 B Ciri Ciri Terapi Berpusat Pada Klien 152 C Tujuan Pendekatan Berpusat Pada Klien 152 D Proses Konseling Yang Menggunakan Terapi Berpusat Pada Klien 153 E Teknik Konseling 154 BAB IX 157 PENULISAN LAPORAN STUDI KASUS 157 A Sifat Laporan Studi Kasus 157 B Penerapan dan evaluasi treatment 158 C Isi Laporan Studi kasus 159 DAFTAR PUSTAKA 161 TENTANG PENULIS 162 iv vi BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK STUDI KASUS SISWA DI SEKOLAH BAB I KONSEP STUDI KASUS A PENGANTAR Dalam era kemajuan informasi dan teknologi siswa semakin tertekan dan terintimidasi oleh perkembangan dunia akan tetapi belum tentu diimbangi dengan perkembangan karakter dan mental yang sehat Seorang guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor mempunyai tugas yaitu membantu siswa untuk mengatasi permasalahan dan hambatan dalam perkembangan jiwa dan perkembangan kopetensi dirinya Setiap siswa sebenarnya mempunyai masalah yang sangat variatif Permasalahan yang dihadapi siswa dapat bersifat pribadi sosial belajar atau karier Oleh karena keterbatasan kematangan siswa dalam mengenali dan memahami hambatan dan permasalahan yang dihadapinya maka Konselor sebagai pihak yang berkompeten perlu memberikan bantuan Apabila siswa tidak mendapatkan bantuan dari guru Bimbingan dan 1 BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK STUDI KASUS SISWA DI SEKOLAH 1
Jumlah Halaman | 164 |
---|---|
Kategori | Psikologi |
Penerbit | UMSU Press |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-6888-14-8 |
eISBN | 978-623-6888-15-5 |