Sinopsis Buku: Bimbingan dan Konseling Perspektif Indigenous Etnik Banjar Buku ini membawa pendekatan unik dan inovatif dalam bidang bimbingan dan konseling dengan mengintegrasikan perspektif *indigenous* dari etnik Banjar. Dengan latar belakang kebudayaan dan nilai-nilai lokal etnik Banjar, buku ini tidak hanya menyajikan teori bimbingan dan konseling secara konvensional, tetapi juga mengupas bagaimana prinsip-prinsip budaya Banjar dapat menjadi acuan dalam proses pemberian layanan bimbingan dan konseling. Buku ini dirancang sebagai panduan praktis (*manual*) bagi para guru BK, sehingga dapat langsung diterapkan dalam kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah. Penulis menekankan implikasi operasional dari konsep-konsep yang disampaikan, yang memungkinkan para guru BK untuk memperkaya metode dan pendekatan dalam memberikan layanan kepada siswa. Selain itu, buku ini juga menjelaskan fungsi dan sifat hak cipta, termasuk batasan-batasan pelindungan hak cipta yang relevan dalam konteks penggunaan karya cipta dalam pendidikan. Hal ini menunjukkan bagaimana nilai-nilai lokal dapat diintegrasikan dengan aturan hukum yang berlaku, khususnya dalam rangka menjaga keaslian dan hak kreatif dari etnik Banjar. Dengan mengangkat tema pendidikan karakter sebagai pengungkit utama, buku ini menjadi pionir dalam menggali potensi kebudayaan lokal sebagai alat pembentukan kepribadian dan nilai-nilai sosial yang sehat. Buku ini sangat relevan sebagai bacaan dan rujukan bagi mahasiswa, dosen, serta praktisi pendidikan yang ingin mengembangkan pendekatan bimbingan dan konseling yang lebih kontekstual dan berakar pada budaya lokal.
Buku yang sampai ke tangan pembaca ini merupakan buah riset pemikiran dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan selama rentang waktu yang lama baik penelitian yang dilakukan dalam rentang tugas akhir perkuliahan yang dilakukan oleh penulis sendiri maupun oleh mahasiswa bimbingan penulis Oleh karena itu dapat dikatakan buku ini berkembang dalam proses panjang ikhtiar bersama Penulisan buku ini didasari pada keinginan penulis untuk menambah khazanah perbendaharaan keilmuan bimbingan dan konseling khususnya dalam perspektif indigenous etnik Banjar Penulis melakukan sejumlah kajian literatur terhadap sejumlah literatur memang belum ada literatur yang secara khusus membangun rekontruksi karakteristik Manusia Banjar dalam pelayanan bimbingan dan konseling Ditekankannya pada konseli yang berada di sekolah menengah adalah untuk menekankan narasi mentalitas dan etos masyarakat yang membentuk karakter konseli sebagai peserta didik di sekolah Remaja sebagai peserta didik sekaligus sebagai konseli mungkin telah banyak dikaji tetapi remaja sebagai personifikasi produk lingkungan etos budaya dengan karakter etnik Banjar mungkin belum menjadi telaah utama pada lingkup bimbingan dan konseling Pada lingkup kajian berbeda khususnya bidang sosiologi maupun antropologi dengan setting pendidikan dan keluarga mungkin telah ada kajian sejenis
Jumlah Halaman | 176 |
---|---|
Kategori | Psikologi |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-1536-0 |
eISBN | 978-623-02-1630-5 |