Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah, dengan pendekatan teori dan praktik yang komprehensif. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa calon konselor yang ingin memperdalam pemahaman tentang konsep dasar dan aplikasi layanan bimbingan dan konseling perkembangan. Selain itu, buku ini juga memberikan wawasan tentang peran, fungsi, dan pentingnya bimbingan dan konseling dalam sistem pendidikan nasional, baik formal, non-formal, maupun informal. Buku ini berisi informasi yang relevan dengan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menegaskan bahwa pendidikan bertujuan untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan. Dalam konteks ini, bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari keseluruhan program pendidikan. Selain itu, buku ini juga membahas landasan hukum, filosofis, sosiologis, psikologis, serta nilai-nilai sosial dan keagamaan yang menjadi dasar keberadaan layanan bimbingan dan konseling di lingkungan pendidikan. Buku ini juga menyertakan informasi mengenai hak cipta dan pembatasan penggunaan karya cipta dalam konteks pendidikan dan penelitian ilmu pengetahuan. Dengan demikian, buku ini menjadi pegangan yang sangat bermanfaat bagi dosen pengampu mata kuliah Bimbingan dan Konseling Perkembangan, serta mahasiswa yang ingin memperkaya pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ini.
Buku Bimbingan Konseling di SD Mendampingi Siswa Meraih Mimpi Latar belakang penulisan buku bahan ajar ini adalah peningkatan wawasan dan pemahaman mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar untuk mengatasi tantangan yang muncul saat ini di tengah kemajuan teknologi dan perkembangan zaman yang semakin cepat Buku bahan ajar ini juga diharapkan dapat dipergunakan oleh para pendidik di Sekolah Dasar sebagai masukan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang optimal bagi siswa Buku bahan ajar ini terdiri dari enam bab Bab I berisi pendahauluan yang menjelaskan tentang hakikat bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar Bab II berisi tentang konsep bimbingan belajar yang memaparkan pengertian jenis jenis faktor penyebab terjadinya masalah dan kesulitan belajar serta bimbingan bagi anak yang mengalami masalah dan kesulitan belajar Bab III berisi bimbingan pribadi sosial meliputi definisi dan tujuan bimbingan pribadi sosial di SD perkembangan pribadi sosial siswa SD macam macam masalah pribadi sosial siswa SD faktor faktor penyebab masalah pribadi sosial siswa SD startegi dan teknik bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah pribadi sosial siswa Bimbingan Karir bagi siswa SD dapat ditemukan di Bab IV yang membahas mengenai pengertian dan tujuan bimbingan karir di SD materi bimbingan karir di SD menyusun rencana karir siswa berdasarkan minat dan bakat dan teknik bimbingan karir bagi siswa SD Bab V membahas tentang manajemen bimbingan dan konseling di SD yang terdiri dari konsep dasar manajemen bimbingan dan konseling di SD penyusunan Program BK di SD serta contoh Program BK di SD Bab VI sebagi bab terakhir membahas tentang keterpaduan Program BK dengan KBM meliputi kemampuan dan dukungan manajerial organisasi dan administrasi bimbingan dan konseling di SD uraian tugas personil dan sarana prasarana Materi yang disajikan pada beberapa bab disesuaikan dengan perkembangan situasi dan kondisi siswa saat ini selain itu buku ini juga merupakan hasil analisis kebutuhan akan materi Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar yang dilakukan oleh penulis selama kurang lebih 6 tahun mengampu Mata Kuliah Bimbingan Konseling di SD pada Program Studi PGSD FKIP Universitas Kuningan dengan pola pembelajaran pemberian teori di kelas sebanyak 50 dan praktik serta study kasus di lapangan sebanyak 50 sehingga buku ini semoga dapat dijadikan sebagai pendamping dan buku bahan ajar Mata Kuliah BK di Sekolah Dasar bagi Prodi PGSD di Perguruan Tinggi dan dapat dijadikan pendamping oleh para guru sekolah dasar sebagai praktisi untuk menjawab pertanyaan seputar pemberian layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar
Jumlah Halaman | 246 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-475-543-0 |
eISBN |