Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang konsep, sejarah, dan peran bimbingan dan konseling dalam pendidikan, khususnya dalam konteks pendidikan anak usia dini. Dalam bab pertama, buku ini menjelaskan pengertian bimbingan dan konseling, yang berasal dari kata *guide* yang berarti mengarahkan, menunjukkan, atau mengatur. Bimbingan dianggap sebagai bentuk bantuan yang diberikan oleh seorang ahli kepada individu untuk membantu dirinya sendiri sesuai dengan kebutuhan dan pengalaman yang dimilikinya. Buku ini juga menjelaskan perkembangan bimbingan dan konseling dari masa ke masa, mulai dari pemikiran awal masyarakat Yunani Kuno hingga perkembangan modern. Perkembangan ini mencakup perubahan paradigma, peran, fungsi, dan sasaran bimbingan dan konseling. Awalnya, bimbingan dan konseling lebih bersifat umum dan tidak terlalu memperhatikan kebutuhan anak atau siswa, namun dalam perkembangannya, bimbingan dan konseling semakin berfokus pada kebutuhan dan pengembangan diri individu, termasuk anak usia dini. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pengertian bimbingan secara formal yang telah dikembangkan oleh para ahli, seperti Frank Parson, yang mengusulkan bahwa bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu untuk memilih, mempersiapkan diri, dan memangku suatu jabatan, serta mendapatkan kemajuan dalam jabatan yang dipilihnya. Buku ini juga menyajikan implementasi bimbingan dan konseling dalam pendidikan anak usia dini. Penulis menjelaskan bagaimana bimbingan dan konseling dapat menjadi bagian integral dalam proses belajar-mengajar, membantu anak usia dini menghadapi tantangan, meningkatkan keterampilan sosial, dan membangun kepercayaan diri. Dengan adanya bimbingan dan konseling, diharapkan anak usia dini dapat berkembang secara optimal, baik secara akademik maupun emosional. Dengan struktur yang terorganisir dan penjelasan yang jelas, buku ini menjadi referensi yang sangat berguna bagi para pendidik, guru, konselor, dan orang tua yang ingin memahami dan menerapkan bimbingan dan konseling secara efektif dalam pendidikan anak usia dini.
Di dalam implementasi Pendidikan bagi Anak Usia Dini Bimbingan dan Konseling menjadi hal yang sangat diperlukan dalam menunjang tingkat keberhasilan dan memaksimalkan potensi peserta didik Dengan berbagai permasalahan yang ada pada anak bimbingan dan konseling bukan saja tugas dari seorang yang berprofesi sebagai ahli Konselor namun seorang pendidik pada jenjang pendidikan usia dini uga harus mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang dialami oleh peserta didik Tentunya bukan hal yang mudah mendapatkan solusi untuk berbagai permasalahan peserta didik tidak saja menjadi tugas bagi pendidik namun peran orangtua juga diharapkan dapat aktif mendukung sehingga mendapatkan solusi terbaik bagi permasalahan anaknya Buku ini memberikan pemaparan yang sangat penting bagi referensi guru maupun orangtua mengenai Bimbingan dan Konseling
Jumlah Halaman | 188 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Luxima Metro Media |
Tahun Terbit | 2014 |
ISBN | 978-602-268-072-7 |
eISBN | 978-602-268-387-2 |