Program bimbingan dan konseling perlu dilakukan di TK yang ditujukan untuk memberikan bantuan kepada anak dalam rangka upaya menemukan pribadi mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan Keberadaan bimbingan dan konseling di TK mendukung perkembangan interpersonal dan intrapersonal anak Pembimbing atau konselor berperan dalam mengarahkan anak untuk hal hal yang berkenaan dengan antara lain a mengarahkan anak untuk memiliki kemampuan verbal untuk bertanya menolong atau membantu permasalahannya b membantu anak mengekspresikan perasaannya dan membangun sikap positif bagi dirinya dan temannya c strategi membangun hubungan digunakan sebagai peningkatan tingkah laku dan klarifikasi perasaan dan d membantu mengurangi keterbatasan anak dalam hal keterbatasan tipe tingkah laku Sejak usia dini seluruh kecerdasan anak perlu dikembangkan dan mendapat bimbingan Melalui bimbingan diharapkan dapat mempersiapkan generasi penerus yang memiliki berbagai kemampuan untuk pengembangan dirinya sejak usia dini Namun upaya ke arah tersebut tampaknya masih kurang diperhatikan oleh para ahli pendidikan dan anak kurang dikembangkan secara optimal Oleh karena itu melalui buku ini penulis terdorong untuk memberikan sumbangsih pemikiran tentang bimbingan dan konseling di taman kanak kanak dengan harapan dapat memberikan pandangan wawasan serta pengetahuan bagi mereka yang bergelut di bidang Pendidikan Anak Usia Dini atau di taman kanak kanak Program bimbingan dan konseling perlu dilakukan di TK yang ditujukan untuk memberikan bantuan kepada anak dalam rangka upaya menemukan pribadi mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan Keberadaan bimbingan dan konseling di TK mendukung perkembangan interpersonal dan intrapersonal anak Pembimbing atau konselor berperan dalam mengarahkan anak untuk hal hal yang berkenaan dengan ...antara lain a mengarahkan anak untuk memiliki kemampuan verbal untuk bertanya menolong atau membantu permasalahannya b membantu anak mengekspresikan perasaannya dan membangun sikap positif bagi dirinya dan temannya c strategi membangun hubungan digunakan sebagai peningkatan tingkah laku dan klarifikasi perasaan dan d membantu mengurangi keterbatasan anak dalam hal keterbatasan tipe tingkah laku Sejak usia dini seluruh kecerdasan anak perlu dikembangkan dan mendapat bimbingan Melalui bimbingan diharapkan dapat mempersiapkan generasi penerus yang memiliki berbagai kemampuan untuk pengembangan dirinya sejak usia dini Namun upaya ke arah tersebut tampaknya masih kurang diperhatikan oleh para ahli pendidikan dan anak kurang dikembangkan secara optimal Oleh karena itu melalui buku ini penulis terdorong untuk memberikan sumbangsih pemikiran tentang bimbingan dan konseling di taman kanak kanak dengan harapan dapat memberikan pandangan wawasan serta pengetahuan bagi mereka yang bergelut di bidang Pendidikan Anak Usia Dini atau di taman kanak kanak