Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara komprehensif tentang Bimbingan dan Konseling bagi Anak Berkebutuhan Khusus, dengan fokus pada prinsip-prinsip, fungsi, peran, serta jenis-jenis masalah yang sering dihadapi oleh anak-anak berkebutuhan khusus. Buku ini dirancang untuk memberikan wawasan yang mendalam dan praktis bagi para pendidik, konselor, dan semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan anak berkebutuhan khusus. Dalam bab pertama, buku ini menjelaskan asas dan prinsip-prinsip bimbingan dan konseling, yang menjadi dasar dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling secara profesional dan efektif. Selanjutnya, bab kedua menjelaskan fungsi bimbingan dan konseling dalam penanganan anak berkebutuhan khusus, termasuk peran yang dimainkan oleh para konselor dalam mendukung perkembangan anak secara pribadi, sosial, dan akademik. Bab ketiga membahas berbagai jenis masalah yang sering dihadapi oleh anak berkebutuhan khusus, seperti masalah pribadi, penerimaan diri, masalah keluarga, masalah sosial, masalah belajar, masalah pendidikan, masalah pekerjaan, dan penggunaan waktu senggang. Penjelasan ini membantu pembaca memahami tantangan yang dihadapi anak berkebutuhan khusus dan bagaimana bimbingan dan konseling dapat menjadi solusi yang efektif. Selain itu, buku ini juga menyajikan informasi tentang sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling, termasuk pentingnya aksesibilitas fisik dalam menciptakan lingkungan sekolah yang ramah bagi anak berkebutuhan khusus. Di akhir buku, penulis juga menyampaikan penutup serta daftar pustaka yang mendukung keakuratan dan kredibilitas informasi yang disajikan. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis kebutuhan, buku ini menjadi referensi yang sangat bermanfaat bagi semua pihak yang ingin memperdalam pemahaman tentang bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus.
Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling bagi anak pada umumnya sangat diperlukan apalagi bagi anak berkebutuhan khusus yang sudah jelas memiliki apa yang disebut hambatan perkembangan dan hambatan belajar Layanan bimbingan dan konseling harus memperhatikan atau lebih terfokus pada hambatan hambatan yang sudah nyata dialami keluar yang baik dalam mengantisipasi atau menuntaskan hambatan yang mereka alami Kebutuhan bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus adalah berkebutuhan khusus mengenal dirinya sendiri menemukan agar kebutuhannya yang spesifik sesuai dengan hambatannya Kebutuhan ini muncul menyertai hambatannya Bimbingan dan konseling tersebut diperlukan berkenaan dengan bimbingan pribadi sosial belajar dan karirnya Kebutuhan bimbingan dan konseling adalah agar anak berkebutuhan khusus perlu menemukan konsep diri memfasilitasi penyesuaian diri terhadap hambatannya mengkoordinasikan dengan ahli lain melakukan konseling terhadap keluarganya membantu perkembangan anak berkebutuhan khusus agar berkembang efektif memiliki keterampilan hidup mandiri membuka peluang kegiatan rekreasi dan mengembangkan hobi mengembangkan keterampilan personal dan sosial
Jumlah Halaman | 204 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Luxima Metro Media |
Tahun Terbit | 2013 |
ISBN | 978-602-268-005-5 |
eISBN | 978-602-268-409-1 |