Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep *bibliotherapy* sebagai salah satu bentuk pertolongan yang tepat dalam membantu peserta didik dalam mengembangkan pemahaman diri dan dunia sekitarnya. Penulis menjelaskan bahwa pertolongan yang efektif tidak hanya berupa bantuan sementara, tetapi merupakan proses yang bertujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan pribadi peserta didik secara optimal. Buku ini menekankan pentingnya pendekatan yang tidak hanya fokus pada kebutuhan sementara, tetapi juga pada pengembangan potensi diri dan kemampuan peserta didik dalam menghadapi serta memecahkan masalah secara mandiri. Selain itu, buku ini juga menyajikan panduan praktis dalam pemberian pertolongan kepada peserta didik, baik secara individual maupun kelompok. Penulis menekankan pentingnya *need assessment* sebelum memberikan pertolongan agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik secara spesifik. Buku ini juga memberikan penjelasan mengenai fungsi dan sifat hak cipta dalam konteks penggunaan karya yang relevan dalam penyusunan buku ini. Buku ini ditujukan bagi para orang tua, pendidik, dan semua pihak yang tertarik dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan perkembangan mental peserta didik melalui pendekatan bibliotherapy. Penulis berharap buku ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat dalam upaya memberikan pertolongan yang tepat dan berkelanjutan.
Bibliotherapy sebagai sebuah teknik dalam kegiatan layanan bimbingan dan konseling pada saat ini sedang menjadi sebuah kebutuhan di mana dunia informasi berbasis bacaan telah begitu akrab dengan masyarakat yang juga mengalami permasalahan dalam kehidupan
Jumlah Halaman | 119 |
---|---|
Kategori | Psikologi |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-0678-8 |
eISBN | 978-623-02-0731-0 |