Ada tiga perkara utama yang mendorong Wahyudin bertandang ke galeri seni rupa yaitu mengampu menonton dan menulis Ketiganya saling terkait satu sama lainnya seperti gerbong kereta api yang tak akan bergerak tanpa dihela lokomotif Lokomotif dari ketiga perkara utama itu bukan mengampu bukan pula menulis melainkan menonton Tanpa menonton ia tak akan bisa mengampu dan menulis atau mengulas pameran seni rupa Jadi menonton itu penting bahkan wajib bagi Pemenang Sayembara Kritik Seni Rupa Dewan Kesenian Jakarta 2005 ini Dengan begitu sebagai kurator dan penulis ia beroleh privilese ke dan di studio perupa melihat dari dekat proses penciptaan karya yang akan dipamerkan si perupa untuk sebuah galeri entah di mana Sementara itu sebagai pemirsa yang cergas ia bukan hanya berkesempatan mewacanakan pameran seni rupa yang ditontonnya di media massa daring atau luring melainkan juga mengoleksi karya seni rupa sebagai cerita dan makna bukan sebagai benda artistik semata apalagi sekadar barang investasi Itu sebabnya Bertandang ke Galeri selalu menyenangkan hati kalau bukan menantang pikiran dan mengundang permenungan penulis buku Bergerak dari Pinggir 2018 dan Omong Kosong di Rumah Seni Cemeti 2019 ini Ada tiga perkara utama yang mendorong Wahyudin bertandang ke galeri seni rupa yaitu mengampu menonton dan menulis Ketiganya saling terkait satu sama lainnya seperti gerbong kereta api yang tak akan bergerak tanpa dihela lokomotif Lokomotif dari ketiga perkara utama itu bukan mengampu bukan pula menulis melainkan menonton Tanpa menonton ia tak ...akan bisa mengampu dan menulis atau mengulas pameran seni rupa Jadi menonton itu penting bahkan wajib bagi Pemenang Sayembara Kritik Seni Rupa Dewan Kesenian Jakarta 2005 ini Dengan begitu sebagai kurator dan penulis ia beroleh privilese ke dan di studio perupa melihat dari dekat proses penciptaan karya yang akan dipamerkan si perupa untuk sebuah galeri entah di mana Sementara itu sebagai pemirsa yang cergas ia bukan hanya berkesempatan mewacanakan pameran seni rupa yang ditontonnya di media massa daring atau luring melainkan juga mengoleksi karya seni rupa sebagai cerita dan makna bukan sebagai benda artistik semata apalagi sekadar barang investasi Itu sebabnya Bertandang ke Galeri selalu menyenangkan hati kalau bukan menantang pikiran dan mengundang permenungan penulis buku Bergerak dari Pinggir 2018 dan Omong Kosong di Rumah Seni Cemeti 2019 ini